Saktinya Rekening Ponsel dan Octopay CIMB Niaga

Teknologi memberi kemudahan. Transaksi keuangan tak harus dilakukan di kantor cabang. Cukup lewat smartphone kesayangan. PT Bank CIMB Niaga Tbk telah lama menjawab tuntutan tersebut lewat produk Rekening Ponsel, yang dilanjutkan Octopay, yakni kartu kredit virtual.

“Tiga tahun, pengguna Rekening Ponsel sudah 1,5 juta orang. Kemudahan ini yang dicari orang. Kami juga ada Octopay, yakni Facebook banking. Nasabah bisa bertransaksi melalui Facebook. Tahun ini, kami menargetkan 50.000 nasabah Octopay,” kata Tigor Siahaan, CEO CIMB Niaga.

Tigor Siahaan, CEO CIMB Niaga Tigor Siahaan, CEO CIMB Niaga

Saat ini, lanjut dia, pesatnya perkembangan teknologi membuat 93% transaksi sudah dilakukan di luar kantor cabang. Nasabah tidak perlu lagi mengantri di kantor cabang hanya untuk sekadar transfer dana, membayar tagihan, mengisi formulir, dan aktivitas banking manual lainnya.

Menurut dia, Rekening Ponsel itu juga bermanfaat untuk meningkatkan literasi sistem keuangan dan perbankan di Indonesia. Dari total 240 juta rakyat Indonesia, baru sekitar 21,8% yang sudah bisa mengakses layanan keuangan seperti perbankan. “Penetrasi mobile phone mungkin sudah hampir 100% saat ini,” kata dia.

Dia menjelaskan, kehadiran Octopay menawarkan kemudahan yang lain yakni bertransaksi lewat kartu kredit virtual. Dengan semakin maraknya aktivitas belanja online, kebutuhan kartu kredit yang saat ini baru sekitar 16 juta, meningkat.

“Kami memfasilitasi orang yang belum memiliki kartu kredit dengan cara memberi kartu kredit instan yang didebet dari savings account-nya. Jadi, one time credit card number yang hanya berlaku 24 jam dan dibatasi Rp 10 juta,” kata dia.

Tigor menambahkan, CIMB Niaga tak akan berhenti berinovasi untuk memenuhi kebutuhan para nasabahnya, terutama anak-anak muda Indonesia yang bisa menjadi nasabah potensial kelak di kemudian hari. Sederet inovasi mereka bahkan telah berbuah penghargaan bergengsi.

“Saat ini, digital banking pertumbuhannya lebih cepat yakni 40% dengan total transaksi sekitar 16 juta. Kami menargetkan 18,5 juta transaksi hingga akhir tahun ini. CIMB Niaga saat ini lebih intens di digital banking,” kata dia. (Reportase: Arie Liliyah)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)