Sambut Lebaran, Ayobis.com Gandeng Perum Damri

Hari Raya Lebaran telah di depan mata. Ayobis.com, sebuah start up berbasis web portal booking tiket bus online menjalin kerja sama dengan Perum Damri. Ayobis memberikan pelayanan pemesanan tiket bus ke tujuh kota tujuan mudik Lebaran dengan bus Damri. Adapun tujuh kota tersebut adalah Purwokerto, Wonosobo, Surakarta, Purworejo, Semarang, Yogyakarta, dan Cilacap.

Kerjasama online booking tiket bus ini untuk mempermudah calon penumpang membeli tiket bus tanpa antri panjang di musim mudik Lebaran di loket, mengeluarkan biaya telepon untuk menghubungi berbagai agen berbeda dalam membandingkan harga dan fasilitas bus yang diinginkan, serta menghindari kemungkinan harus membeli tiket dengan harga mahal di calo di saat terpaksa karena ketersediaan kursi bus dari loket resmi sudah tidak ada lagi.

Saat ini Ayobis baru menyajikan pilihan layanan keberangkatan dari Jakarta ke kota- kota tersebut secara one way. Namun segera di masa mendatang akan ada penambahan rute kota tujuan lainnya, termasuk untuk yang keluar Jawa. “Ini merupakan kerja sama pertama bagi Ayobis. Dengan Perum Damri harapan kami ke depannya adalah bisa meng-cover lebih banyak rute lagi, tidak hanya one way, tapi juga round-trip,” kata CEO Ayobis, Adithyan Asokan dalam rilisnya.

Tim Ayobis.com berfoto bersama Perum Damri Tim Ayobis.com berfoto bersama Perum Damri

Pertimbangan Ayobis dan Perum Damri dalam memilih rute tersebut adalah destinasi tersebut merupakan destinasi favorit pemudik dari Jakarta. “Terutama untuk destinasi Purwokerto, Wonosobo, dan Purworejo. Seminggu sebelum Lebaran, yang pesan tiket ke kota-kota itu lebih banyak ketimbang destinasi lainnya,” ungkap Dono Unggul, Senior Manager Perencanaan & Rekayasa Teknik Perum Damri.

Jika tahun-tahun sebelumnya calon penumpang yang ingin melakukan mudik lebaran harus mencari info langsung jadwal keberangkatan, fasilitas bus, dan ketersediaan tempat duduk dengan mendatangi satu persatu loket-loket di terminal, kini mereka bisa melakukannya di manapun dan kapanpun selama 24 jam. Cukup memanfaatkan gadget smartphone, tablet, atau melalui komputer dan laptop, buka website ayobis.com untuk mengetahui informasi lengkap perihal ketersediaan armada, tempat duduk, dan harga tiket bisa ditemukan disana.

Untuk mendapatkan tiketnya, calon penumpang cukup melakukan pembayaran via online payment melalui berbagai pilihan bank di ayobis.com melalui internet banking atau transfer antar bank. Kemudian mereka akan mendapatkan tiket virtual (e-ticket) dan kode booking melalui email mereka.Tiket berisi detail pesanan ini bisa segera di-print dan ditunjukkan kepada petugas Damri saat datang ke terminal keberangkatan. Bila penumpang tidak sempat melakukan print tiket dari email, mereka dapat menunjukkan saja email konfirmasi pemesanan kepada petugas Damri.

Total 11 armada Perum Damri yang siap melayani pemudik maupun wisatawan di masa libur Lebaran melalui ayobis.com, terdiri dari Jakarta-Wonosobo (3 armada), Jakarta-Purwokerto (2 Armada), Jakarta-Yogyakarta (1 Armada), Jakarta-Cilacap (1 Armada), Jakarta-Surakarta via Semarang (1 Armada), Jakarta-Wonosobo via Purwokerto (1 Armada), dan Jakarta-Yogyakarta via Purworejo (1 Armada).

“Ke depannya kami akan terus menjalin kerjasama dengan Perusahaan Otobus sebanyak mungkin, sehingga semakin memberikan pilihan kepada calon penumpang,” kata Adithyan.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)