Sarihusada Raih Sustainable Business Award Indonesia 2017

PT Sarihusada Generasi Mahardika meraih penghargaan Special Recognition, Energy Management dalam Sustainable Business Award Indonesia 2017. Penghargaan ini sejalan dengan komitmen Danone One Planet, One Health untuk terus bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan.

Sebagai bagian dari Danone Early Life Nutrition, PT Sarihusada Generasi Mahardika (Sarihusada) konsisten melakukan pengelolaan energi secara bijak, dan tahun ini mendapatkan penghargaan Sustainable Business Award (SBA) Indonesia karena dinilai berhasil melakukan penghematan energi, penurunan emisi dan konservasi air.

“Hari ini komitmen Sarihusada, dalam efisiensi energi, konservasi air, dan penurunan emisi, diapresiasi oleh SBA Indonesia sebagai Special Recognition dalam kategori Energy Management. Komitmen ini telah direalisasikan sejak 2015 secara berkelanjutan dan hingga Agustus tahun ini, kami telah berhasil menurunkan penggunaan energi sampai 7 persen dibanding tahun sebelumnya,” ujar Karyanto Wibowo, Sustainable Development Director Danone Indonesia.

Karyanto menambahkan, pihaknya juga berhasil menurukan emisi karbon CO2 sebesar 15 persen atau setara dengan pengurangan 6.000 ton CO2 dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. Beberapa upaya yang dilakukan Sarihusada untuk mendukung hasil tersebut. Seperti menerbitkan kebijakan efisiensi energi, konservasi air dan penurunan emisi. Targetnya hingga 2020 Sarihusada bisa menurunkan penggunaan energi dan air masing-masing hingga 60 persen, serta menurunkan emisi CO2 50 persen.

“Caranya dengan implementasi penggunaan mekanisme sensorik pada fasilitias sanitasi, kebijakan ‘matikan lampu’, mengedukasi karyawan cara mengelola energi, serta menggunakan sumber energi yang berasal dari energi terbarukan, yaitu biogas di area pabrik,’ terangnya.

SBA sendiri merupakan sebuah penghargaan yang berlangsung di enam negara di dunia untuk meningkatkan kesadaran dan memberikan apresiasi pada pelaku bisnis yang tidak hanya berkembang secara finansial, tetapi juga dalam hal keberlanjutan. Perusahaan yang mendapat penghargaan ini sebelumnya dinilai oleh PricewaterhouseCoopers, lembaga audit terpercaya di dunia dan Indonesia.

Sejak awal berdirinya tahun 1954, Sarihusada terus berkomitmen untuk menyediakan produk, layanan, dan edukasi yang terdepan dan terjangkau bagi seluruh ibu dan anak di Indonesia. Komitmen ini diwujudkan melalui produk susu Ibu dan anak seperti Lactamil, SGM Bunda dan SGM Eksplor yang dikembangkan oleh 400 peneliti dari Danone Research Center yang tersebar di Belanda, Singapura dan Indonesia.

Dalam menjalankan bisnisnya, termasuk operasi pabrik di Klaten dan Yogyakarta, Sarihusada berpegang teguh pada komitmen memberikan manfaat tidak hanya untuk manusia, tetapi juga untuk lingkungannya. “Kami berharap penghargaan ini dapat memberikan semakin banyak inspirasi untuk lebih memastikan keberlangsungan bisnis dan memberikan dampak positif pada karyawan, lingkungan sekitar, hingga masyarakat luas,” ujar Karyanto.

Editor : Eva Martha Rahayu
www.Swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)