Management Trends

Satu Dekade Traveloka Bertransformasi dari OTA Jadi Lifestyle Superapp

Satu Dekade Traveloka Bertransformasi dari OTA Jadi Lifestyle Superapp

Hadir sejak 29 Februari 2012 lalu, Traveloka, lifestyle superappdi Asia Tenggara, tahun ini memperingati 10 tahun perjalanannya tumbuh bersama masyarakat Indonesia. Untuk memeriahkan hari jadinya yang ke-10, diadakan dua program khusus bertajuk Salebrat10n serta kampanye Trave10ka Bday Bash.

Selama satu dekade ini Traveloka telah melahirkan berbagai inovasiberbasis teknologi untuk dapat memenuhi kebutuhan perjalanan dan gaya hidup konsumenyang terus berkembang. Berangkat dari metasearch engine untuk pembanding harga tiket pesawat, kini Traveloka telah bertransformasi menjadi lifestyle superapp dengan lebih dari 20produk dan layanan di bawah tiga pilar utama: Perjalanan (Travel), Local Services, dan Layanan Keuangan (Financial Services).

Albert, Co-founder Traveloka, mengatakan, “Inovasi menjadi kunci utama bagi kami sebagai perusahaan teknologi untuk dapat terus berkembang, beradaptasi, danmenyediakan solusi yang relevan dalam menjawab kebutuhan dan aspirasi konsumen. Selama 10 tahun ini, kami telah melahirkan beragam produk dan layanan, menghadirkankemudahan bagi lebih dari 40 juta konsumen kami, menggandeng lebih banyak mitra yang kini jumlahnya telah mencapai jutaan, serta berkolaborasi dengan berbagai pemangkukepentingan untuk bersama-sama memberikan kontribusi terhadap industri pariwisata danperekonomian.”

Berkomitmen untuk konsisten bertumbuh dan membawa nama Indonesia ke belahan dunialainnya, Traveloka menjadi unicorn tanah air pertama yang mengembangkan bisnis di luarnegara asalnya, Indonesia. Sejak 2015, Traveloka mengepakkan sayapnya dan menjejakkan kaki di negara-negara lainnya di wilayah Asia Tenggara, seperti Singapura, Malaysia,Thailand, Filipina, dan Vietnam.

Salah satu manifestasi dari komitmen Traveloka untuk terus berinovasi tergambar dari milestone Traveloka saat meluncurkan layanan Traveloka PayLater pada tahun 2018. Traveloka menjadi pionir yang memperkenalkan konsep yang dikenal sebagai Buy Now Pay Later (BNPL) ini di Indonesia, dengan tujuan utama untuk memudahkan konsumen dalammendapatkan akses layanan finansial sehingga membantu mereka untuk dapat mengatur cashflow dengan lebih baik. Masih dalam ranah layanan keuangan, Traveloka merupakanyang pertama memperkenalkan terobosan PayLater Virtual Number di Asia Tenggara, yaitu metode pembayaran dengan cicilan yang menggunakan nomor virtual.

Saat pandemi menghantam keras sektor perjalanan dan pariwisata, Traveloka tak henti berinovasi dan menyesuaikan layanannya. Rangkaian inisiatif juga dilakukan untukmembantu penanganan pandemi di seperti membentuk Sentra Vaksinasi COVID-19 Traveloka di berbagai kota besar, Tes COVID-19, hingga fitur Traveloka Clean Partners.Untuk membantu mitra yang terdampak pandemi, lifestyle superapp ini juga menggelar program ikonik Epic Sale yang sukses meningkatkan transaksi 81.000+ mitranya hingga lebih dari 150% ditengah pendapatan yang minim bahkan hampir tidak ada. Dalam perjalanannya di satu tahun terakhir, Traveloka terus memperkuat posisinya sebagai lifestyle superapp dengan melengkapi portofolio produk dan layanannya guna menghadirkansolusi yang menyeluruh.

Di bawah bendera Perjalanan (Travel), kini hadir Holiday Stays dengan inventori private accommodation yang lengkap serta QuickRide yang memungkinkan konsumen untuk memesan taksi melalui aplikasi Traveloka. Sementara, fitur Traveloka Eats Delivery, Health, dan Online Xperience disematkan pada unit bisnis Local Services. LayananFinansial (Financial Services) pun juga semakin berkembang dengan adanya Traveloka Gold, Traveloka PayLater Virtual Number hingga produk asuransi dengan cakupan yang semakin luas.

Kini, memasuki tahun ke-10, Traveloka ingin mengapresiasi konsumennya dengan menggelar program promosi bertajuk Salebrat10n dan kampanye Trave10ka Bday Bash. Melalui gelaranSalebrat10n yang didukung oleh Traveloka Clean Partners, pengguna dapat menikmati diskon hingga 70% untuk semua kategori produk dan layanan yang tersedia di aplikasiTraveloka mulai dari 24 Februari – 2 Maret 2022. Selain itu, ada beberapa aktivitas seperti flash sale pada pukul 19:00-21:00 WIB dan Grand Bazaar pada pukul 12:00-23:59 WIB.

Sementara itu, melalui kampanye Trave10ka Bday Bash yang berlangsung pada 16 Februari- 13 Maret 2022, Traveloka mengajak konsumennya untuk menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada Traveloka sekaligus menyampaikan impian perjalanan melalui unggahanfoto atau video melalui Traveloka Explore dengan menyertakan tagar #UltahTrave10ka. Adakesempatan memenangkan total hadiah hingga Rp100 juta bagi 100 kreator Traveloka Explore dengan jumlah likes terbanyak, dan Traveloka juga akan mengabulkanperjalanan impian untuk 3 konten terbaik yang diunggah oleh konsumen setia. Konten dari 100 kreator terbaik ini juga akan ditampilkan di Fame Explore yang berada di laman utamaaplikasi Traveloka.

Adapun fitur Traveloka Explore merupakan inovasi teranyar Traveloka yang memungkinkankonsumen untuk mengunggah foto dan video singkat mengenai pengalaman perjalanan dangaya hidup mereka yang bisa dibagikan ke teman dan publik lewat aplikasi Traveloka.

“Pencapaian Traveloka selama 10 tahun ini dapat terwujud berkat dukungan dan kepercayaan yang diberikan konsumen, para mitra, pemerintah, serta pemangku kepentingan. Ke depan, kami akan terus melanjutkan komitmen untuk memberikan lebih banyak kontribusi positif kepada Indonesia bersamadengan para mitra,” jelas Albert.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved