Management Strategy

SBM ITB Gelar Entrepreneurstar, Inspirasi Bisnis Mahasiswa

SBM ITB Gelar Entrepreneurstar, Inspirasi Bisnis Mahasiswa

Ajang tahunan kembali digelar Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung (SBM ITB) dalam acara Entrepreneurstar 2013d i kampus MBA ITB Jakarta . Kompetisi rencana bisnis Entrepreneurstar diadakan untuk membantu mahasiswa S1 yang memiliki minat terhadap dunia usaha dalam mengembangkan dan menjalankan ide bisnis mereka. “Mereka akan dibekali ilmu bisnis tentang how to get your business right. Selain itu, peserta juga dibimbing oleh para mahasiswa S2 kami dari program Entrepreneurship MBA, untuk bersama-sama mengembangkan ide bisnis tersebut,”ujar Gita Fajar P. Mega Ketua Panitia Entrepreneurstar 2013.

Pada akhir rangkaian kompetisi ini, 4 finalis terbaik yang melangkah ke babak final dan mendapatkan feedback langsung dari kalangan entrepreneur muda yang duduk sebagai dewan juri. Tahun ini Tim Panditra Nusantara dari Prasetiya Mulya Business School (PMBS) meraih juara pertama, melalui ide bisnis pembuatan pupuk organik.

Menurut Ardelia Safira, mahasiswi Presetiya Mulya semester 6, ide ini berawal dari school project di mana Ardelia dkk harus tinggal di desa Babakansari dan Sukaluyu, Cianjur, Jawa Barat selama satu bulan. Ide itu muncul ketika melihat banyak sekali sampah yang bertebaran dan sampah ini sebenarnya bisa diolah menjadi pupuk organik untuk kesuburan lahan pertanian mereka.

Menurut Ben Wirawan , Ketua Dewan Juri yang juga Co-founder dan Direktur Mahanagari Clothing Business, dari segi teamwork dan calculation, Panditra Nusantara unggul dibanding tim lainnya, apalagi ide bisnisnya juga memiliki nilai sosial yang sangat tinggi. Dalam kesempatan ini, Ben didampingi oleh dua juri lainnya yakni Violison Martheo pemilik Wintec (perusahaan nasional di bidang furnishing kantor) dan Benjamin Koelmann Managing Director Lazada -pusat belanja online di Indonesia- sependapat karena Panditra Nusantara juga mengusung konsep green business dinilai memiliki keunikan tersendiri. Selain itu, tidak hanya bertujuan untuk meraih keuntungan (good profit), namun mereka juga mengedepankan green planet dan great people yang dikemas dalam 3G Social Values.

Sedangkan untuk runner-up lantas dimenangkan oleh TeesLab yang mengusung ide pembuatan T-Shirt secara online yang sangat user-friendly. Sementara itu, Laserbeam dengan ide bisnis video mapping menduduki peringkat ketiga dan Amengan melalui ide bisnis papan permainan Huru-Hara berada di peringkat empat pada final kompetisi ini. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved