Sebanyak 17 dari 18 Bank Terbesar di AS Lulus Stress Test

Bank Sentral AS (Federal Reserve/Fed) mengumumkan 17 dari 18 bank terbesar di negara itu dinyatakan lolos dari stress test putaran terakhir. Tes ini membuktikan bahwa mayoritas perbankan besar di negara itu memiliki cukup modal untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk dari resesi ekonomi.

“Perbankan terbesar di AS terus meningkatkan kemampuan mereka dalam menahan skenario ekonomi hipotetis yang sangat merugikan dan secara bersama memiliki posisi modal yang jauh lebih kuat dari krisis keuangan sebelumnya,” bank sentral mengatakan dalam sebuah pernyataan saat mengumumkan hasil stress test.

Diantara bank yang berpartisipasi dalam tes kali ini adalah Citigroup, JP Morgan Chase, Morgan Stanley dan Wells Fargo.

Ally Financial Inc, yang sahamnya dikendalikan oleh pemerintah AS dari General Motors, merupakan satu-satunya bank yang dinyatakan gagal dalam tes tahunan tersebut, karena rasio modal Tier 1 (yang digunakan untuk mengukur kekuatan finansial perbankan) turun dibawah persyaratan minimum 5% dalam tes tersebut.

Tes tersebut dijalankan menggunakan skenario yang paling buruk, dengan asumsi tingkat pengangguran yang mencapai 12,1%, nilai saham yang melorot lebih dari 50% dan harga rumah akan menurun lebih dari 20%.

“Stess test merupakan alat untuk mengukur ketahanan pada sektor keuangan, termasuk perbankan dan asuransi. Peningkatan yang signifikan dalam kualitas dan kuantitas modal bank selama empat tahun terakhir membantu memastikan bahwa perbankan bisa terus memberikan pinjaman kepada konsumen dan bisnis, bahkan disaat perekonomian sedang sulit,” ujar Gubernur Fed, Daniel Tarullo. (AFP)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)