Seedstars World Beri Hadiah Investasi US$ 500 Ribu

startupbrics.com 1“Seedstars World (SW) adalah platform untuk menghubungkan para investor kepada para founder startup masa depan yang berasal dari Sillicon Valley hingga Eropa Barat. Kami berharap bisa melihat bagaimana evolusi startup dengan level yang berbeda-beda dalam jangka waktu setahun dan juga startup-startup baru di negara ini,” papar Alisee de Tonnac, CEO Seedstars World.

Sebagai salah satu kompetisi eksklusif global bagi startup yang berada pada tahap awal di negara berkembang, Seedstars merupakan salah satu jaringan yang paling cepat berkembang untuk pengusaha teknologi di dunia. Perusahaan yang bermarkas di Jenewa, Swiss ini didirikan oleh Alisee de Tonnac dan Pierre-Alain Masson.

Bertujuan untuk memperluas jaringan entrepreneur ke negara berkembang, SW memperluas kompetisi di lebih dari 50 negara untuk tahun 2015 dengan 36 negara di tahun 2014. Peserta-peserta yang berpartisipasi secara bersama-sama telah berhasil mengumpulkan  US$20 juta dan menumbuhkan lapangan pekerjaan untuk 360 lebih tenaga kerja di seluruh dunia.

Untuk SW 2015 berfokus pada industri travel dan fintech (financial technology) dengan menciptakan jalur “Stars” bagi kedua bidang industri tersebut yang berjalan paralel menuju tahap akhir kompetisi global. Sebuah startup yang menjadi peserta, harus memiliki kriteria yang sudah ditentukan. Seperti startup yang berusia kurang dari 2 tahun sejak hari didirikan, memiliki investasi kurang dari US$ 500 ribu dan memiliki kemungkinan untuk MVP, serta mampu memberikan solusi untuk isu-isu regional serta mengembangkan produk-produk menguntungkan bagi pasar global.

Sedangkan kriteria startup untuk mengikuti kompetisi SW Jakarta adalah Dengan mitra-mitra seperti MEST, Google for Entrepreneurs, dan Microsoft, Seedstars World mengidentifikasi startup yang bisa tumbuh dengan cepat dan startup yang berperan sebagai pelopor dan berada pada misi untuk mendukung bisnis regional serta pertumbuhan bisnis regional tersebut.

Sebelas startup terbaik di Indonesia akan diundang untuk mendapatkan kesempatan berkompetisi di tahap terakhir untuk tingkat regional. Pemenang di Jakarta tahun 2014, eFishery, memproduksi alat pemberi makan ikan secara otomatis untuk segala jenis ikan dan udang dari Bandung, baru saja mendapatkan pendanaan pre-series A dan siap untuk dikembangkan di Indonesia.

Nantinya, para pemenang regional dari industri tersebut akan berlomba untuk memenangkan hadiah investasi sebesar US$ 500 ribu sesuai jenis industri mereka. Semua pemenang regional dari acara lokal akan diundang ke Swiss di mana mereka akan kembali berkompetisi untuk tahap terakhir pada bulan Februari 2016 di Swiss.

Selain itu, SW juga memperluas pengaruhnya dengan bekerja sama dengan rekan-rekan kunci untuk mengenal potensi startup sesuai dengan kriteria startup yang berbeda-beda. Dua tambahan hadiah sebesar US$ 500 ribu telah ditambahkan dengan adanya penambahan jalur untuk travel dan fintech, dengan demikian total hadiah investasi adalah US$1,5 juta dan beragam hadiah lainnya.

Tahun ini, SW memiliki ambassador lokal yang telah melakukan berbagai inisiatif mengenai startups, yaitu Yansen Kamto dari Kibar. Yansen Kamto memutuskan untuk berpartisipasi percaya bahwa startup menciptakan pengaruh besar dan ia ingin menempatkan startup-startup Indonesia di ekosistem teknologi global. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)