Semen Indonesia Perkuat Bisnis Hilir

Industri semen tengah berkembang pesat seiring maraknya pembangunan infrastruktur di banyak negara. Salah satu bisnis yang sangat menjanjikan adalah pengembangan usaha beton baik readymix dan beton pracetak (precast). Bisnis yang digarap sudah berkembang. Tak hanya semen, tapi juga produk turunannya, seperti beton.

“Industri semen sangat dinamis dalam satu dekade terakhir. Business landscape berubah cepat. Sehingga, perlu transformasi bisnis. Semen Indonesia harus seirus mengelola bisnis up dan down stream,” kata Ahyanizzaman, Direktur Human Capital & Legal Semen Indonesia.

Artinya, bisnis yang mendukung produksi semen dan mengurangi biaya mesti digenjot untuk meningkatkan daya saing perseroan. Dalam industri ini, biaya energi adalah komponen biaya terbesar. Sehingga, mereka tidak hanya memproduksi semen tapi juga produk pendukung lainnya. “Untuk itu dikembangkan Central Dynamic Learning dan Human Capital System Management,” katanya.

Ahyanizzaman4

Ahyanizzaman, Direktur Human Capital & Legal Semen Indonesia.

Menurut dia, cakupan bisnis juga tidak bisa hanya di level domestic. Bisnis semen ini menuntut cakupan wilayah yang luas seperti regional ASEAN. Ini juga terlihat dari agresivitas pemain serupa dari China dan Vietnam yang telah menerobos masuk ke Indonesia. Sehingga, sumber daya manusianya juga harus memahami bisnis global.

“Kami belum lama ini mencoba masuk pasar Srilanka. Di sana tidak punya sumber daya semen, sehingga harus impor. Sayang belum berhasil, sudah due diligent, proses akuisisi, tapi masih kalah dengan yang lain. Tapi, kami masih ingin mencoba lagi,” ujar dia.

Pria yang akrab disapa Yani itu menambahkan, perseroan tengah mengadopsi skema baru kompensasi dan benefit agar lebih menarik para pencari kerja. Skema baru ini terutama untuk menarik posisi eselon 2 atau selevel Senior Manager, terutama di variable benefit agar lebih menarik.

“Tapi, secara keseluruhan, kami masih di atas pasar. Sehingga, turnover karyawan sangat rendah. Kami dari sisi income relatif tinggi dibanding yang lain. Itu mungkin yang membuat mereka stay,” katanya.

Dia menambahkan, itu semua belum termasuk fasilitas lain seperti perumahan dan jaminan kesehatan yang masih lebih bagus dari perusahaan lain. Suasana kerja di Semen Indonesia sangat kondusif, menyenangkan, gotong-royong, dan kerjasama yang bagus. Interaksi dengan jajaran manajemen juga sangat egaliter karena para direksi berangkat dari karyawan bawah.

“Ini sangat menyenangkan untuk karyawan. Tidak seperti perusahaan lain yang sangat hierarkis,” kata dia. (Reportase: Herning Banirestu)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Ternyata, Indonesia Pasar Terbesar Tiens di Asia Tenggara

Lebih dari 8 ribu wisatawan mancanegara memenuhi Garuda Wisnu Kencana (GWK), Bali, dalam rangka perayaan ulang tahun Grup Tiens (GT)...

Close