Sharp Investasi Rp 1,2 Triliun

Keseriusan PT Sharp Electronics Indonesia (SEID) untuk memperbesar pasarnya di Indonesia dibuktikan dengan akan dibangunnya pabrik baru mesin cuci dan kulkas di Krawang Industrial Park. Rencananya di aats lahan seluas 3 hektar, pertengahan tahun ini SEID akan mulai pembangunan, dan diprediksi akan beroperasi sekitar Juli 2013. Menurut Fumihiro Irie, Presdir PT SEID, rencananya pabrik baru ini akan membutuhkan investasi sekitar Rp 1,2 triliun.

Alasan menambah kapasitas produksi lemari es dan mesin cuci menurut Irie karena permintaan produk lemari es dan mesin cuci di Indoensia terus berkembang seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan pasar akan kebutuhan produk rumah tangga di Indonesia. Apalagi saat ini kapasitas produk dari pabrik Sharp di Pulogadung hanya sekitar 120 ribu unit/bulan, sedangkan kapasitas mesin cuci saat ini sekitar 50 ribu unit/bulan.

"Penetrasi pasar produk lemari es tahun lalu mengalami peningkatan sekitar 35%, sedangkan mesi cuci sebesar 16%. Bahkan tahun 2015, diprediksi akan meningkat menjadi 45% untuk lemari es dan 20% untuk mesin cuci. Melihat kondisi tersebut, Sharp memerlukan pabrik yang mampu memproduksi kapasitas yang lebih besar lagi. Rencananya pabrik baru ini memiliki kapasitas produksi lemari es sekitar 220 ribu/bulan (2,640 juta unit), sedangkan untuk mesin cuci di pabrik yang baru rencananya kapasitas produksi sekitar 140 ribu/bulan (1.680 ribu/tahun). “Kapasitas produksinya ditingkatkan menjadi 2-2,5 kali dari kapasitas yang ada,” kata Irie.

"Setelah pabrik baru itu beroperasi pada 2013, maka pabrik lama di Pulogadung akan ditutup untuk produksi kulkas dan mesin cuci. Namun pabrik di Pulogadung tersebut, tetap akan beroperasi untuk produksi televisi layar tabung (CRT) dan LCD, kantor pusat, dan pusat layanan servis.

"Di pabrik baru ini rencananya akan fokus memproduksi kulkas kecil sampai menengah dengan ukuran maksimal 300 liter, sedangkan kulkas yang lebih besar, masih akan impor dari Thailand (untuk pasar Indonesia). Selain itu, pabrik baru itu juga akan memproduksi mesin cuci dua tabung, sehingga seluruh produksi kulkas dan mesin cuci akan lebih banyak dikonsentrasikan untuk pasar Indonesia.">Pembangunan pabrik baru ini merupakan bagian dari rencana peringatan 100 tahun berdirinya pabrik Sharp di seluruh dunia. Pabrik yang ada di Pulogadung dan Karawang ini akan menjadi contoh dari penerapan green factory yang merupakan hal paling utama yang diusung oleh semua pabrik Sharp di seluruh dunia. “Pembangunan pabrik baru bukan semata untuk menambah kapasitas produksi, tapi untuk menyambung hati komsumen, agar Sharp semakin mendapat keperrcayaan dari konsumen di Indonesia,” ujar Irie.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)