Siap Beroperasi 2019, Berapa Harga Tiket MRT?

Proyek Mass Rapid Transit (MRT) memang baru akan kelar dibangun pada 2018 mendatang. Operasionalnya masih harus meminta persetujuan Presiden RI. Berapa harga tiketnya?

Direktur Utama PT MRT Jakarta, Dono Boestami mengatakan, pemerintah propinsi DKI harus sudah menetapkan harga tiket paling lambat 3 bulan sebelum MRT beroperasi. Keputusan ini bisa jadi politis mengingat pilkada baru digelar 2017 mendatang. “Tergantung gubernurnya (DKI Jakarta), baru atau masih yang lama. Keputusannya bisa jadi populis,” katanya.

Pembangunan proyek MRT dibiayai lewat pinjaman dari JICA sebesar US$ 1,5 miliar. Dari jumlah ini, Pemprov DKI Jakarta hanya harus membayar sekitar 51%. Dengan banyaknya sumber pendapatan daerah seperti dari parkir serta sektor perdagangan dan jasa, pemda bisa saja tidak memungut biaya tiket alias gratis.

“Kalau murah atau bahkan gratis, mau apa tidak pengendara mobil beralih ke MRT. Jika operasional MRT disubsidi pemerintah, adil apa tidak karena pembangunannya sudah menelan banyak dana,” katanya.

dono mrt jakarta

Nantinya, tiket akan berbentuk e-ticket yang juga bisa digunakan untuk memanfaatkan layanan Light Rail Transit (LRT) dan Transjakarta. Stasiun MRT juga akan terkoneksi dengan halte Transjakarta dan gedung pusat perkantoran strategis di DKI Jakarta. Dengan begitu, masyarakat yang sebelumnya menggunakan kendaraan pribadi mau pindah dan menggunakan moda transportasi umum.

“Yang paling penting adalah mengubah perilaku orang yang sebelumnya memilih berkendara ke kantor. Koneksi dengan halte atau gedung berupa jembatan sepanjang 350 meter dan berkanopi agar teduh,” katanya.

Secara keseluruhan, proyek MRT telah mencapai 50,84%, dengan rincian secara garis besar untuk pekerjaan proyek pada struktur layang telah menyelesaikan 33,81% dan struktur bawah tanah sebesar 68,05%.

Salah satu kendalanya adalah soal lahan untuk jalan layang. Pengerjaan bawah tanah sudah lebih dari setengahnya karena tidak berhdapan dengan pembebasan lahan. Meski begitu, saat ini sudah sekitar 90% lahan yang dibebaskan (free and clear).

"Memang tinggal sedikit lagi, hanya 10%. Tapi kendala ini tidak akan menghambat perkembangan dan pembuatan proyek MRT ini," kata Dono.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)