Siasat Dyandra Promosindo Sukseskan Mega Bazaar Computer

PT Dyandra Promosindo, perusahaan yang bergerak di bidang penyelenggaraan ekshibisi, segera akan menggelar pameran teknologi informasi, yakni Mega Bazaar Computer (MBC) 2013. Rencananya, pameran ini akan diadakan secara serentak di lima kota, yakni Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, dan Makassar, pada 6-10 Maret. Sedangkan di kota Semarang dan Yogyakarta, MBC bakal hadir beberapa hari setelahnya di bulan yang sama.

“Mega Bazaar sih kita rata-rata (pengunjung) 180 ribu-200 ribu,” sebut Bambang Setiawan, Chief Operational Officer PT Dyandra Promosindo, di Jakarta, Kamis (21/2/2013).

Bambang Setiawan, Chief Operational Officer PT Dyandra Promosindo (kiri)

Bambang mengatakan, jumlah pengunjung diperkirakan bakal naik 10-15 persen tahun ini. Sedangkan, untuk jumlah peserta pameran, kata dia, ada sekitar 200-300 perusahaan yang bakal hadir di Balai Sidang Jakarta, sebagai tempat penyelenggaraan MBC di Jakarta. “Jumlahnya mungkin hampir sama (dengan tahun lalu),” lanjutnya.

Mengenai peserta pameran, ia menjelaskan bahwa perusahaan di bidang gadget, tablet, dan ponsel pintar akan lebih mendominasi. Persentasenya bisa sekitar 40 persen dari luasan tempat pameran sekitar 15 ribu-20 ribu meter persegi. Perusahaan operator telekomunikasi juga akan hadir dengan memakan tempat sekitar 20 persen.

Perusahaan-perusahaan personal computer (PC) justru diperkirakan akan menjadi yang paling sedikit, yakni hanya sekitar 10 persen. Ia berpendapat, PC sekarang ini kalah bersaing dengan produk mobile, seperti tablet dan ponsel pintar.  “Karena banyak perusahaan-perusahaan PC, terutama desktop lagi susah kondisinya,” kata dia.

Di MBC yang bertemakan Mega Giga Bazaar ini, Dyandra pun akan memberikan perhatian spesial para komunitas konten. Bambang menuturkan, perusahaan melihat bahwa konten semakin banyak dikerjakan oleh anak-anak muda yang kreatif. Akan tetapi, mereka umumnya tidak mempunyai tempat untuk promo karena keterbatasan dana. “Ya sudah, kita buat kebijakan karena Dyandra bergerak di bidang exhibition sama event, kita mengalokasikan 5-10 persen lahan kita untuk teman-teman konten, komunitas konten,” terang dia.

Bahkan, tak tanggung-tanggung, Dyandra menjanjikan harga sewa tempat yang murah bagi para pembuat konten. “(Tetap) bayar, tapi sangat murah. Mungkin dibandingkan biasa, bisa diskon 70-80 persen. Bahkan kalau produknya bagus sekali, tidak menutup kemungkinan kita kasih free,” ujarnya.

Dan untuk mempermudah pengunjung hadir di Balai Sidang Jakarta, perusahaan pun akan menyediakan bus penghubung (shuttle bus). Ini karena, biasanya, pameran teknologi informasi ataupun telekomunikasi padat peminat sehingga tempat penyelenggaraan pun seringkali penuh, dan pengunjung kesulitan mencari parkir. Oleh sebab itu, pihak penyelenggara pun akan menyediakan bus penghubung di sejumlah mal. “Dan itu (bus) pakai tidak akses umum, kita buat akses sendiri nanti lewat belakang,” tegas dia.

Mengenai harga karcis, penyelenggara akan memasang tarif yang terjangkau, yakni Rp 5.000 di hari kerja, dan Rp 15.000 di akhir pekan. Dan di MBC kali ini, pengunjung pun bisa mendapatkan powerbank dengan harga khusus. Sebanyak 500 powerbank dengan harga spesial akan dijual di MBC Jakarta. “Pameran IT, telco, selalu menarik, karena setiap pameran pasti ada (produk)yang baru,” tandas Bambang.  (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)