Management Strategy

Siasat Garuda Tingkatkan Pendapatan Korporasi

Siasat Garuda Tingkatkan Pendapatan Korporasi

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. dan PT Kereta Api Indonesia (KAI) meneken kerja sama bidang “Corporate Sales”. Penandatangan kerja sama kedua institusi tersebut dilaksanakan oleh Direktur Utama Garuda Indonesia M. Arif Wibowo dengan Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro, di Kantor Pusat PT KAI, Jakarta.

Dengan kerja sama ini, Garuda Indonesia menjadi penerbangan resmi bagi karyawan beserta keluarga di seluruh unit PT KAI dan afiliasinya, dan berlaku untuk perjalanan dinas maupun perjalanan non dinas.

Garuda Indonesia juga memberikan harga khusus (special corporate fare) bagi PT KAI untuk semua rute domestik dan internasional, dengan layanan tambahan antara lain berupa tambahan muatan bagasi (excess baggage) sejumlah 10 kg, konter check-in khusus pelanggan korporat di bandara, prioritas reservasi dan pembukuan grup, cargo, dan berbagai benefit lainnya.

garuda

Direktur Utama Garuda Indonesia M. Arif Wibowo mengatakan kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan pangsa pasar Garuda khususnya di pasar korporasi. Selain itu, kerja sama “Corporate Sales” dengan PT KAI ini juga merupakan upaya memperkuat sinergi kedua belah pihak sebagai BUMN.

“Kerja sama ini tentunya akan dapat mengoptimalkan kinerja kedua BUMN, dan kiranya kerja sama ini akan dapat dikembangkan di masa mendatang,” kata dia dalam rilisnya.

Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro menambahkan sinergi BUMN yang terbentuk atas kerja sama ini merupakan langkah strategis guna mengoptimalkan pemanfaatan potensi bisnis kedua belah pihak. “Di samping itu, kerja sama ini tentunya akan mendukung kegiatan bisnis PT KAI yang semakin berkembang,” katanya.

Sejalan dengan upaya perusahaan dalam peningkatan pangsa pasar Garuda Indonesia melalui Corporate Sales, hingga akhir Juni 2015, Garuda Indonesia telah melaksanakan kerjasama korporasi dengan lebih dari 2.200 perusahaan dan institusi di Indonesia.

Strategi corporate sales merupakan upaya mengamankan pendapatan tetap. PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) menjadi pelanggan korporat pertama yang digandeng Garuda Indonesia pada 2015 ini. Corporate Sales merupakan salah satu tulang punggung Garuda Indonesia untuk mendulang pendapatan. Kontribusi pendapatan dari kanal tersebut mencapai Rp4 triliun pada tahun 2014.

Perusahaan domestik masih menempati persentase terbesar, sektiar 70% dibandingkan perusahaan asing. Salah satu contoh perusahaan asing yang telah melakukan kesepakatan corporate sales dengan Garuda Indonesia adalah Bank Standard Chartered.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved