Siasat Jakarta Great Sale 2013 Capai Target Transaksi Rp 11 Triliun

Tak lama lagi, Festival Jakarta Great Sale (FJGS) 2013 digelar. Ini adalah festival tahunan yang diadakan dalam rangka memperingati ulang tahun Kota Jakarta, yang tahun ini genap berusia 486 tahun. Rencananya, festival diselenggarakan mulai dari 1 Juni hingga 14 Juli 2013.

Konferensi pers Festival Jakarta Great Sale 2013

Di tahun ini, FJGS mengusung tema "Jakarta Baru, Jakarta Kita." Maklum, Jakarta baru saja mempunyai pucuk pimpinan yang baru, yaitu Joko Widodo, atau kerap disebut Jokowi. Di bawah arahannya, Jakarta sedang menata diri menjadi kota yang lebih baik.

Terkait dengan FJGS, panitia telah merancang berbagai macam agenda yang menarik untuk disuguhkan kepada masyarakat Jakarta dan sekitarnya, bahkan wisatawan asing. "Berbagai rangkaian program acara telah kami persiapkan dalam menyambut perayaan FJGS tahun ini, diantaranya adalah gelaran pesta diskon, grand midnight sale atau program belanja tengah malam pada 21 Juni mendatang, yang akan diikuti hampir keseluruhan anggota APPBI DPD DKI Jakarta guna memecahkan rekor MURI serta Jakarta Night Festival pada 22 Juni mendatang sebagai bagian dari perayaan menyambut HUT ke-486 DKI Jakarta," terang Handaka Santosa, Ketua Umum DPP APPBI (Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia) sekaligus Ketua Panitia Pelaksana FJGS 2013, di Jakarta, Jumat (3/5/2013).

Handaka berujar festival ini akan didukung oleh 74 pusat perbelanjaan. Dengan kata lain, hampir semua pusat perbelanjaan yang ada di ibukota Indonesia ini ikut serta. Tak hanya itu, pusat perbelanjaan ini pun diajak untuk bisa menampilkan dekorasi yang berbau budaya Indonesia, khususnya kebudayaan Betawi. “Dari pusat perbelanjaan sudah siap,” tegas Ellen Hidayat, selaku Wakil Ketua Panitia, yang juga CEO PT Pluit Propertindo (Emporium Pluit).

Setelah itu, panitia juga menyatakan kesiapannya dalam hal promosi. Berbagai perangkat terkait promosi, seperti spanduk dan papan iklan, akan dipampang di berbagai titik penting di Jakarta dan sekitarnya, sekaligus di sejumlah kota. Tujuannya untuk menarik animo masyarakat daerah. Bahkan, panitia mengklaim mereka juga telah melakukan studi banding ke Malaysia demi mensukseskan ajang ini.

Handaka pun berujar,FJGS kali ini akan dimeriahkan dengan program undian berhadiah FJGS 2013 Shopper Card. Tak tanggung-tanggung hadiah utamanya adalah sebuah mobil mewah. Dengan segala program menarik tersebut, ia pun optimistis transaksi ritel bisa tumbuh 10 persen dari tahun lalu. “Kalau tahun lalu Rp 10,7 triliun, target kami secara konservartif kami tetapkan 10 persen (di tahun ini), jadi Rp 11,8 triliun," ujarnya.

Penyelenggaraan FJGS ini juga didukung oleh sejumlah asosiasi terkait, salah satunya adalah Asosiasi Pengusaha Retail Indonesia (Aprindo). Tutum Rahanta, Wakil Ketua Umum DPP Aprindo, menuturkan, “Kami adalah salah satu asosiasi yang turut serta mendukung kegiatan Jakarta Great Sale ini.” Dia mengatakan, Aprindo memang sudah terlihat dalam festival ini sejak dulu. Karena, menurut dia, “Sale memang adalah bagian dari retail." (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)