Sinar Mas Land Mencetak Leader, Bukan Manager

Sebagai property developer terkemuka di Indonesia, Sinar Mas Land bukan hanya kontraktor atau builder, tapi juga pembangunan kota, seperti tampak dari proyeknya BSD City, Kota Wisata Cibubur, dan Grand Wisata Bekasi. Karena proyek-proyeknya berkembang pesat, maka Sinar Mas Land pun membutuhkan pemimpin. Dan untuk mencetaknya, Sinar Mas Land mempunyai dua jalur: pengembangan staf menuju supervisor kemudian manajer dan seterusnya. Selain itu, juga ada talent matrix.

Talent matrix ini berdasarkan banyak hal, dibuat supaya melihat orang yang punya potensi, kompetensi, dan juga kecocokan, plus performance. Dan yang ada di talent ini, itu nanti dikalibrasi dan dikhususkan ke dalam program talent buat mereka. Jadi, prinsip di Sinar Mas Land, we build home, not houses. We build leader not managers.

Michael Widjaja, CEO Sinar Mas Land Michael Widjaja, CEO Sinar Mas Land

Bagaimana pola pengembangan kepemimpinan di Sinar Mas Land? Sandra Kosasih, Human Capital Managing Director Sinar Mas Land, memaparkannya kepada Gustyanita Pratiwi dari SWA Online:

Sejak kapan Sinar Mas Land menerapkan cretaing leader from with in?

Sebagai property developer, Sinar Mas Land memposisikan diri bukan hanya sebagai kontraktor atau builder, tapi juga pembangun kota. Hal ini sejalan dengan tagline-nya yang berbunyi : we built home, we built future”. Yang ada di Sinar Mas Land itu bukan hanya rumah-rumah terpisah, tapi menjadi 1 township seperti di BSD City, Grand Wisata Cibubur, dan di Bekasi. Selain itu, kami juga ada ITC yang saat ini berjumlah 13 di Indonesia. Lalu resort, golf, hotel, office building serta industrial estate juga menjadi portofolio kami. Eksistansi kami juga sudah sampai ke London. Kalau melihat tantangan yang ada, kami harus bisa mengembangkan leadership Sinar Mas Land, sebab jauh ke depan, kami sudah banyak sekali proyek, bahkan yang belum kami mulai. Kalau dibilang bisnis properti sedang down, betul. Tapi kami justru menggunakan down time ini untuk semakin berkembang, sehingga pada waktu naik lagi, kami sudah ada di barisan paling depan.

Visi kami adalah menjadi pemimpin property developer di Asia Tenggara, dan itu mesti direvisi karena ternyata sudah ada di London. Dan kalau mau punya visi mesti ke depan, yang kayaknya masih jauh. Kalau yang Asia Tenggara sudah kelihatan, sebentar lagi dapat. Dengan jumlah karyawan 2.300 dan kantor yang berada di 43 lokasi, kami ingin membangun banyak hal terutama value, positive attitude, integrity, commitment, continuose improvement, innovatif, dan loyal. Based on itu kami akan membangun leadership development. Dari situ tentu tantangannya banyak.

Secara strategic, kami ingin mengadakan satu formal development dengan tujuan meningkatkan kapabilitas dari leadership kami karena tujuannya sudah bukan lagi di Asia Tenggara. Nasional sudah, Asia Tenggara sudah, sekarang kami ingin internasional.

Sinar Mas Land-Michael2

Halaman Selanjutnya
Bagaimana cara membangunnya?...
Pages: 1 2 3

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)