Sinergi 2 BUMN untuk Pengembangan Karyawan

Bank Mandiri menyiapkan layanan perbankan terintegrasi bagi karyawan PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan harian maupun untuk masa depan.

Selain layanan perbankan terintegrasi, kedua pihak juga akan mensinergikan program training dalam pengelolaan SDM untuk memperkuat kapasitas dan keunggulan karyawan kedua BUMN.

Kerja sama ini ditandatangani oleh Direktur Utama Bank Mandiri, Royke Tumilaar dan Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo serta disaksikan Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo di Jakarta (23/7/2020).

Menurut Royke, sinergi ini merupakan implementasi dari visi bank pelat merah itu untuk menjadi mitra finansial utama terpilih dengan dukungan layanan keuangan digital yang handal dan simpel untuk memenuhi berbagai kebutuhan nasabah, seperti KAI.

Layanan bernama Mandiri Bank at Work (BAW) ini akan memberikan kemudahan bagi pegawai KAI untuk dapat mengakses layanan perbankan ritel Grup Mandiri dengan rate khusus secara digital, tanpa mengharuskan pegawai meluangkan waktu khusus mendatangi kantor cabang Bank Mandiri terdekat, cukup dengan mengakses aplikasi layanan khusus Digital BAW.

Melalui layanan Mandiri BAW juga telah menyiapkan fitur dan rate khusus bagi karyawan KAI yang bersaing dengan produk perbankan lain, sehingga diharapkan dapat memberikan benefit special berupa layanan edukasi pengelolaan keuangan/investasi (financial clinic) yang ditujukan untuk seluruh karyawan terutama para millennials yang dilakukan di tempat sesuai kesepakatan.

Layanan tersebut juga akan memberikan akses kepada produk-produk anak perusahaan seperti Bank Syariah Mandiri, Mandiri Dana Pensiun Lembaga Keuangan (Mandiri DPLK), Mandiri Inhealth, Mandiri Tunas Finance, Mandiri Utama Finance, Mandiri Investasi, Axa Mandiri Financial Services, Mandiri Axa General Insurance, Mandiri Sekuritas, dan lainnya.

“Saat ini produk bank@work ini telah memberikan nilai tambah bagi lebih dari 200 perusahaan BUMN maupun swasta di Tanah Air sebagai nasabah segmen wholesale banking kami,” katanya

Pada kesempatan yang sama juga Didiek menyampaikan bahwa kerja sama layanan Bank at Work merupakan payroll package yang bisa dimanfaatkan untuk merangsang para milenial di KAI untuk dapat berinvestasi dalam perolehan properti dengan rate yang kompetitif dan berbagai kemudahan yang ditawarkan.

Sementara dalam pengelolaan SDM, Royke menambahkan, pihaknya telah menyepakati untuk melaksanakan beberapa aktivitas pelatihan dengan melibatkan jajaran pimpinan kedua perusahaan. “Program ini merupakan sebuah kerjasama korporasi untuk saling mengupgrade knowledge dan skill pegawai. Sinergi dalam pengembangan SDM di BUMN adalah salah satu cara yang paling efektif agar seluruh BUMN dapat maju dan berkembang bersama,” kata Royke.

“Bahkan, ada beberapa aktivitas yang telah kami eksekusi sebelumnya seperti Leadership Development melalui Top Executive Leaders Session (TELS), sharing mengenai learning program dan nilai-nilai budaya pembelajar tangguh oleh Direktur SDM Bank Mandiri,” tuturnya

Didiek menambahkan, kolaborasi ini penting untuk mencapai visi KAI yaitu menjadi solusi ekosistem transportasi terbaik untuk Indonesia. Adapun aktvitas training yang dilakukan antara lain talent exchange, sharing platform digital learning, benchmark learning program, penggunaan modul kompetensi, joint leadership program, maupun sharing session. Dalam waktu dekat, Bank Mandiri juga akan menerima pegawai dari KAI untuk belajar dalam bentuk program magang di beberapa bidang strategis.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Tags:
Bank Mandiri

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)