Sinergi Bancassurance Hanwha Life Indonesia dan Bank KEB Hana

Perusahaan asuransi senantiasa dituntut untuk mampu menghasilkan berbagai produk sesuai dengan tuntutan kebutuhan nasabah. Dalam membangun jalur distribusi baru, Hanwha Life Indonesia menjalin kerja sama dalam bentuk aliansi pemasaran bancassurance yang strategis dengan Bank KEB Hana. Sinergi ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja kedua belah pihak sekaligus dapat memberikan nilai tambah bagi nasabah.

Francis Jungseop Hyun, Chief Executive Officer PT Hanwha Life Insurance Indonesia, Francis Jungseop Hyun, Chief Executive Officer PT Hanwha Life Insurance Indonesia,

“Kerja sama ini selain dapat mempererat hubungan bilateral antar kedua negara (Korea dan Indonesia), juga secara bersama-sama dapat memberikan kontribusi terhadap perekonomian di Indonesia,” tutur Francis Jungseop Hyun, Chief Executive Officer PT Hanwha Life Insurance Indonesia,

Selain itu, Hanwha Life Indonesia juga ingin menambah variasi produk, pelayanan nasabah dan memberikan kemudahan dalam bertransaksi. Harapannya produk ini juga dapat meningkatkan minat berasuransi pada masyarakat Indonesia.

Francis menjelaskan, kerja sama ini merupakan langkah awal menuju hubungan kemitraan yang stabil di mana Hanwha Life Indonesia akan memanfaatkan jaringan cabang yang dimiliki oleh Bank KEB Hana secara proaktif sehingga dapat memberikan manfaat yang sesuai dengan keinginan serta kebutuhan nasabah di dalam persaingan produk bancassurance.

Sementara itu, Presiden Direktur Bank KEB Hana, Lee Jae Hak, mengungkapkan, Hanwha merupakan salah satu pemain kunci di Korea, dan telah memiliki pengalaman sukses di Vietnam plus Tiongkok. Sinergi ini merupakan kali pertama Bank KEB Hana bekerja sama dengan perusahaan asuransi untuk produk bancassurance.

“Kerjasama ini merupakan salah satu bentuk komitmen Bank KEB Hana untuk fokus di segmen konsumer, khususnya untuk memasuki bisnis bancassurance dan wealth management. KEB Hana Bank, Korea, memiliki hubungan baik dengan Hanwha Life Insurance, Korea, dan kami ingin membawanya juga ke Indonesia. Saya percaya dengan kerja sama ini akan menghasilakan hubungan mutualisme bagi kedua perusahaan,” Lee menambahkan.

“Kerja sama dengan Bank KEB Hana ini merupakan tonggak sejarah, rencananya dalam waktu mendatang akan diikuti beberapa bank yang lain.” ucap Suharyono Hadisumarno, Chief Operation Officer PT Hanwha Life Insurance Indonesia,

Produk yang dipasarkan saat ini adalah HealthyPlus, “Mengingat kepedulian masyarakat Indonesia terhadap produk kesehatan meningkat akhir-akhir ini, maka Hanwha Life Indonesia memilih produk kesehatan untuk dipasarkan terlebih dahulu. Rencananya produk ini akan mulai dijual pada bulan November 2015. Kedepannya Hanwha Life Indonesia juga akan menyediakan produk bancassurance lainnya seperti produk pendidikan, produk unit link, dsb,” Suharyono menerangkan. Dia mengklaim, keunggulan produk HealthyPlus ini bisa menggunakan fasilitas cashless pada rumah sakit/klinik rekanan Hanwha Life Indonesia selain itu juga ada fasilitas biaya penggantian akomodasi bagi keluarga pasien.

Anthony Soewandy, Consumer Business and Operation Director Bank KEB Hana, mengapresiasi Hanwha Life Indonesia yang fokus untuk menggarap pasar bancassurance di Indonesia, lantaran hal tersebut akan berdampak positif karena sejalan dengan stretegi Bank KEB Hana yang fokus di segmen konsumer. Selain bancassurance, untuk meningkatkan pertumbuhan segmen konsumer, Bank KEB Hana pun akan mengeluarkan produk bundling dan wealth management lainnya. “Dengan adanya produk bancassurance ini diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan Bank KEB Hana di segmen konsumer,” ujart Anthony.

Perlu diketahui, setelah masa pembebasan Korea, sebuah perusahaan asuransi milik bangsa Korea didirikan 9 September 1946. Perusahaan tersebut merupakan awal sejarah Hanwha Life, dulu dikenal dengan nama Korea Life. Pada 12 Desember 2002, grup besar Hanwha mengakuisisi Korea Life, kemudian nama Korea Life berubah menjadi Hanwha Life per 9 Oktober 2012. Seiring dengan perkembangan bisnis yang begitu pesat, Hanwha Life telah membuktikan keberhasilannya menjadi salah satu perusahaan asuransi terbaik di Korea Selatan dengan slogannya yaitu Financial Solution for Tomorrow.

Untuk menjadi sebuah perusahaan asuransi global yang tumbuh bersama pelanggannya, Hanwha Life berjuang memasuki pasar global. Diawali dengan kantor perwakilan Beijing di tahun 2003, Hanwha Life membuat terobosan ke New York, London, dan terus memperluas bisnisnya ke Asia - Tokyo, Vietnam juga menjalankan joint venture di Hangzhou, China tahun 2012. Melalui ekspansinya pada negara-negara berkembang, Hanwha Life melanjutkan perluasannya ke Indonesia untuk menumbuhkan bisnis asuransi secara global.

Memasuki pasar Indonesia, pada 28 Desember 2012, Hanwha Life mengakuisisi PT Multicor Life dan mengubah namanya menjadi PT Hanwha Life Insurance Indonesia pada tanggal 23 Juli 2013. Hanwha Life Insurance Indonesia secara resmi diluncurkan tanggal 24 Oktober 2013 untuk mencapai perkembangan yang berkelanjutan melalui kompetisi inovatif dalam bisnis asuransi di Indonesia. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)