Sinergi Indosat dan BPJS untuk Pembayaran Tagihan Online

PT Indosat Tbk telah menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) dan menjadi salah satu mitra BPJS untuk mendukung layanan Payment Point Online Banking (PPOB), sebuah layanan pembayaran tagihan secara online dan real time sehingga proses rekonsialiasi data dan dana bisa lebih cepat dan akurat. Melalui kerjasama ini, Indosat mempersiapkan infrastruktur telekomunikasi dan layanannya untuk bersinergi dengan BPJS dalam melayani seluruh nasabah BPJS.

Sebagai langkah awal, Indosat akan mendukung layanan Payment Gateway serta SMS Center BPJS Ketenagakerjaan. Layanan Dompetku dari Indosat telah dipercaya menjadi satu-satunya media pembayaran elektronik (e-money) selain perbankan untuk memperluas akses kepersertaan BPJS Ketenagakerjaan terutama bagi segmen masyarakat bukan penerima upah. Indosat juga mendukung layanan SMS Center 2757 dimana pelanggan BPJS dapat dengan mudah mendapatkan informasi saldo BPJS hanya dengan mengirimkan SMS dengan kode tertentu. Dengan demikian, layanan pendaftaran dan pembayaran BPJS, dan juga layanan untuk cek status saldo BPJS dapat diakses dan dilakukan di manapun dengan mudah mengunakan seluruh kartu seluler Indosat, baik IM3, Mentari, Matrix maupun kartu Indosat Business.

Joy Wahjudi, Director and Chief Sales & Distribution Officer PT Indosat Tbk (kiri) bersama dengan Junaedi, Direktur Kepesertaan dan Hubungan Antar Lembaga BPJS (kanan) saat penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU). Joy Wahjudi, Director and Chief Sales & Distribution Officer PT Indosat Tbk (kiri) bersama dengan Junaedi, Direktur Kepesertaan dan Hubungan Antar Lembaga BPJS (kanan) saat penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU).

“Kami bangga sebagai satu-satunya operator telekomunikasi di luar perbankan yang dipercaya bekerja sama dengan BPJS, sekaligus mendukung salah satu program penting Pemerintah dalam melayani masyarakat khususnya tenaga kerja di seluruh Indonesia. Kami percaya bahwa dengan sinergi layanan Dompetku dan SMS Center 2757 akan memberikan dampak positif berupa pengalaman terbaik bagi seluruh nasabah BPJS. Kami berharap kerjasama ini akan terus berlanjut dan dapat lebih ditingkatkan ke depan,” ujar Joy Wahjudi, Director and Chief Sales & Distribution Officer Indosat dalam rilisnya.

Saat ini, proses pendaftaran dan pembayaran BPJS sudah dapat diakses oleh seluruh pelanggan Dompetku dan pelanggan seluler Indosat melalui *789#, pilih pembelian, lalu pilih BPJS Ketenagakerjaan. Lima program BPJS bertujuan meningkatkan kesejahteraan pekerja yaitu program jaminan kesehatan, program Jaminan Pensiun (JP), program Jaminan Hari Tua (JHT), program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), dan program Jaminan Kematian (JKm). Program yang pertama diselenggarakan BPJS Kesehatan, dan empat program yang disebut terakhir diselenggarakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan. Sesuai UU No. 24 Tahun 2011 tentang SJSN dan UU No. 40 Tahun 2004 tentang BPJS, program jaminan kesehatan sudah beroperasi sejak 1 Januari 2014, sedangkan BPJS Ketenagakerjaan akan beroperasi penuh 1 Juli 2015.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)