Sofjan Wanandi: Paket Kebijakan Ekonomi Bukan Sulap

Dewan Pembina Asosiasi Pengusaha Indonesia yang juga Ketua Tim Ahli Wakil Presiden, Sofjan Wanandi, mengatakan paket kebijakan pemerintah yang baru dikeluarkan tak akan segera mujarab memperbaiki situasi perekonomian yang ada sekarang. "Perlu waktu, paket kebijakan ini bukan magic," ujar Sofjan di Jakarta, kemarin. Karena itu, dia mengimbau segala kalangan masyarakat yang ada di Indonesia turut berpartisipasi dalam kebijakan tersebut.

Sofjan Wanandi (SWA) Sofjan Wanandi (SWA)

Sofjan mengatakan pemerintah sekarang memerlukan masukan dari semua kalangan, terutama pengusaha, untuk menyampaikan keinginannya terhadap deregulasi. Tak hanya deregulasi, ujar dia, segala hal seperti insentif akan ditampung untuk dipertimbangkan pemerintah melalui paket kebijakan selanjutnya.

"Perlu komunikasi yang intensif antara pemerintah dan pengusaha," katanya. Musababnya, kepentingan penguasa dan pengusaha berbeda.

Sofjan memberikan gambaran bahwa pemerintah bermaksud menjadikan pengusaha dalam negeri sebagai tuan rumah di negeri sendiri. Begitu juga penguatan ekspor yang akan digalakkan untuk menanggulangi perlambatan ekonomi.

"PHK dan perlambatan ekonomi sudah tak terhindarkan lagi," tutur Sofjan.

Tempo

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)