Sofyan Wanandi: Tax Amnesty Penting Untuk Investasi

Ketua Tim Ahli Wakil Presiden Sofjan Wanandi mengatakan insentif yang diberikan pemerintah melalui pengampunan pajak (tax amnesty) penting untuk investasi dalam negeri. Investasi ini terbuka melalui peluang repatriasi modal tersebut.

“Karena banyak insentif yang diberikan pemerintah baik bunganya maupun insentif, penggunaan uang itu bisa digunakan untuk investasi dalam negeri. Itu yang penting,” kata Sofjan usai rapat bersama Menteri Koordinator Perekonomian membahas Tax Amnesty, di Jakarta, Senin 11 Januari 2016.

Menurut Sofyan, ada insentif yang diberikan bagi pengampun pajak berupa besaran pinalti yang diberikan. “Itu yang draftnya lagi disusun sama menkeu. contohnya pinalti yang lebih kecil, dan investasi untuk upstream industri di sini.”

Sofyan berujar, berdasarkan data yang telah dicocokan, terdapat dana minimal US$ 100 miliar yang bisa masuk dengan adanya tax amnesty. “Mungkin yang akan masuk US$ 100 miliar yang minta amnesty dari dalam dan luar negeri,” kata dia.

Terkait penerimaan pajak, Sofjan mengatakan pemerintah dapat mendapatkan tambahan penerimaan pajak sebesar Rp 100 triliun. “Menurut saya dapat Rp 100 triliun tahun ini karena ini cuma satu tahun berlakunya,” katanya.

Persiapan harus dilakukan untuk mendapatkan data pajak yang lebih lengkap dan penggunaan sistem teknologi informasi yang baru. ”Data pajak dan pembukuannya bisa jadi lebih baik,” katanya.

Menurutnya, apabila seorang pengampun pajak semakin cepat mengajukannya, semakin rendah pembayaran bunga dan pinaltinya. “Kalau 3 bulan pertama dapat 3 persen, 3 bulan berikutnya 4 persen, 6 bulan sisanya kena 6 persen,” Sofyan berujar.

Sofjan Wanandi (SWA) Sofjan Wanandi (SWA)

Hadir dalam rapat tersebut, Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, Dirjen Pajak Ken Dwijugiasteadi, dan Ketua Tim Ahli Wapres Sofjan Wanadi.

Tempo

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)