Management Strategy

Strategi Telkom Dekati Pasar UKM

Strategi Telkom Dekati Pasar UKM

Menjelang pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), ada peluang dan tantangannya sendiri bagi pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah). Melalui Divisi Business Service yang terbentuj sejak 2010, Telkom berfokus untuk mengedukasi pelaku UKM untuk memanfaatkan Information & Communication Technology (ICT) dalam bisnisnya. “Divisi Business Service merupakan langkah nyata Telkom untuk semakin serius dalam melayani segmen pasar UKM. Beberapa program telah kami lakukan antara lain penyediaan produk dan solusi untuk UKM, peluncuran Indonesia Digital Entrepreneur, gerakan SME Indonesia Bisa, revitalisasi web directory UKM, dan saat ini kami sedang membangun Kampung Digital,” ujar Muhammad Awaluddin, Direktur Enterprise & Business Service Telkom.

IMG_4735

Sejauh ini Telkom sudah mengajak 1 juta UKM Goes Digital, 550 ribu di antaranya aktif di portal smartbisnis.com dan membangun 60 Kampung UKM Digital. Selain itu, Telkom sudah menyiapkab jaringan fiber-optic untuk 330 sentra bisnis, penyediaan infrastructure fiber optic di 55 Komunitas Nelayan Digital. Digital Valley yang berada di Jakarta, Bandung, Jogja, dan Bali juga disiapkan oleh Telkom untuk fasilitas pembinaan dan pengembangan.

UKM Goes Digital memanfaatkan solusi ICT untuk proses bisnis dan bukan hanya dalam bentuk konektifitas tetapi aplikasi yang mendukung bisnis UKM. Untuk mendekati pasar UKM, Telkom memiliki strategi tersendiri. Pertama, berbasis produk dengan menawarkan solusi yang dibutuhkan oleh UKM seperti WiFi. Kedua, berbasis solusi. Baru-baru ini Telkom baru saja mengeluarkan solusi StarBox. Ketiga, berbasis komunitas. Kampung UKM Digital dan Kampung Nelayan Digital adalah komunitas yang dibentuk dengan prinsip Pentahelix yang melibatkan akademisi, bisnks, konunitas, pemerintah, dam media.

Di 2016 mendatang prediksi tren UKM adalah UKM yang berbasis digital. Hal ini dipengaruhi oleh tingginya unit smartphone yang ada di Indonesia. Ada sekitar 280 juta smartphone yang ada di Indonesia, melebihi jumlah penduduk Indonesia yang sekitar 250 juta.

Dalam 5 tahun ke depan Telkom bermimpi agar para UKM dapat leboh maju, modern, dan mandiri berkat ICT. “Minimal 10% pelaku UKM Indonesia benar-benar telah memanfaatkan ICT. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved