Strategi BI Kawal Perkembangan Fintech

Indonesia meluncurkan BI Financial Technology (Fintech) Office, Senin, 14 November 2016. BI Fintech Office merupakan inisiatif bank sentral untuk mendukung pengembangan fintech atau industri kreatif layanan keuangan berbasis teknologi informasi.

Gedung Bank Indonesia

"Kami merasakan hadirnya para pelaku fintech telah menciptakan atmosfir kreativitas yang sangat baik," ujar Gubernur BI Agus Martowardoyo, usai acara peluncuran BI Fintech Office di kantor pusat BI, Jakarta. "BI Fintech Office ini hadir untuk menjaga level playing field pelaku industri keuangan agar proporsional."

Menurut Agus, masyarakat Indonesia saat ini tengah mengalami perubahan pola hidup yang besar. "Kalau mereka dapat barang secara instan melalui belanja online, maka mereka juga ingin akses keuangan yang mudah," tuturnya.

Ia menilai kehadiran fintech tidak lepas dari krisis keuangan 2008 yang telah mengguncang kepercayaan masyarakat terhadap sistem keuangan formal. "Beriringan juga dengan pertumbuhan generasi milenial yang melek teknologi". Bank Indonesia mencatat transaksi fintech saat ini mencapai US$ 14,5 miliar.

Agus menjelaskan BI Fintech Office memiliki empat fungsi. Pertama, sebagai fasilitator untuk pertukaran ide pengembangan fintech. Kedua, sebagai business intelligent, "Nantinya fintech akan rutin diberikan perkembangan hasil kajian dalam pertemuan BI dengan otoritas terkait," ucapnya.

Fungsi ketiga yaitu sebagai assesment yang akan melakukan pemetaan potensi, manfaat, dan resiko produk fintech. Keempat, BI Fintech Office ini akan menjalankan fungsi koordinasi komunikasi untuk mendorong terciptanya harmonisasi peraturan lintas otoritas.

Bank Indonesia telah mengambil inisiatif agar tidak menciptakan gejolak di sistem keuangan. "Regulasi pasti ada, namun tidak seharusnya mendahului inovasi. Regulasi sebaiknya berada di dekat inovasi, agar tetap bisa mendukung dan melihat resiko yang ada," kata Agus.

Tempo

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)