Gaya Ciputra 'Tularkan' Jiwa Wirausaha

Pebinis kawakan di bidang properti, Ciputra, menginginkan agar kewirausahaan berkembang di Indonesia. Ia pun mempunyai sejumlah strategi untuk ini. Salah satunya yakni dengan mengembangkan pelatihan kewirausahaan secara online.

“Saya ingin bangsa Indonesia jadi bangsa entrepreneur, dengan menciptakan lapangan kerja, bukan mencari kerja,” sebut Ciputra, dalam acara seminar nasional mengenai prospek perbankan dan bisnis properti, di Jakarta, Rabu (6/2/2013).

Pengusaha Ciputra dalam acara Kompas100 CEO Forum, di Jakarta, Rabu (28/11/2012).

Dia berpendapat, ada yang salah mengenai sistem pendidikan di Indonesia. Konsep pendidikan nasional dipandang tidak kreatif karena hanya menghapal. “Mindset Indonesia itu dijajah 350 tahun. Kemudian sistem pendidikan kita meniru, tidak kreatif, hanya memori. Nah ini yang menjadi hambatan,” tegas dia.

Oleh sebab itu, ia pun tidak tinggal diam. Ciputra berusaha mengembangkan pendidikan kewirausahaan. Sudah ada sekitar 15 sekolah dan 4 universitas yang dia bangun dengan pendidikan yang menggunakan konsep wirausaha.

Tidak hanya itu, ia juga sedang berusaha mengembangkan pelatihan kewirausahaan secara online. Pelatihan ini akan dikembangkan ke seluruh Indonesia. Dan, Ciputra pun berkeinginan agar pelatihan ini nantinya bisa diakses masyarakat secara gratis. “Kalau bisa ke seluruh Indonesia dan gratis,” imbuhnya.

Namun, tidak hanya sekadar pendidikan saja yang bakal diberikan. Ciputra berkeinginan agar pelajaran kewirausahaan bisa dipraktikkan melalui pusat inkubator (incubator center). Rencananya, inkubator ini akan dibuka yang pertama kali di Ciputra World. “Incubator center mudah-mudahan dalam waktu 6 bulan akan buka satu di Ciputra World,” tuturnya.

Ia pun sedang berusaha menjalin kerja sama dengan perbankan untuk mengembangkan inkubator tersebut. Misalnya, jelas dia, cabang suatu bank di daerah Merauke bisa menjadi inkubator. Manajer bank tersebut pun bisa mengerahkan pengusaha yang menjadi kliennya untuk menjadi mentor bagi masyarakat yang mau belajar wirausaha. “Atau kita hubungi universitas, supaya dosennya jadi mentor,” tandasnya. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)