Strategi Facebook Bantu UKM di Indonesia

Facebook menargetkan setiap UKM di Indonesia untuk membangun bisnis berbasis online mereka karena hal ini merupakan hal terpenting bagi bisnis untuk mengembangkan dan menjangkau konsumen. Perusahaan yang didirikan oleh Mark Zuckerberg itu memiliki strategi untuk memberi kemudahan bagi para pengusaha UKM. Pertama, Shop Section di Facebook Page. Fitur ini memungkinkan mereka dapat menampilkan etalase produk mereka. Kemudian, Instagram Business Tools, yang membantu mereka berkomunikasi dengan konsumen. Mereka harus mengonversi ke profil bisnis di Instagram untuk mendapat akses ke fitur-fitur baru seperti informasi kontak, Instagram Insights, dan promosi postingan.

facebook

“UKM pun lebih mudah untuk memasang iklan melalui Ads Manager yang sudah tersedia dalam Bahasa Indonesia. Melalui fitur ini, mereka dapat memasang iklan di Facebook dan Instagram serta membuat bisnis mereka dapat mudah ditemukan di mobile oleh pengguna. Sedangkan dalam hal pembayaran iklan, jika pengguna tidak memiliki kartu kredit untuk memasang iklan, UKM dapat menggunakan kartu debit Mandiri. Ini merupakan hasil kerja sama kami dan Bank Mandiri pada bulan Agustus 2016,” ungkap Waizly Darwin, SMB Lead Indonesia, Facebook.

Facebook memperkenalkan Sertifikasi Blueprint. Ini merupakan program bagi pengiklan digital. Blueprint memberikan perangkat serta pelatihan yang dibutuhkan untuk mempelajari bagaimana Facebook bisa membantu menumbuhkan bisnis. Dimulai dari kursus online gratis hingga kesempatan untuk bekerja langsung dengan para ahli, Blueprint mempermudah dalam mempelajari dan menguasai praktik pemasaran di Facebook.

Pada awal tahun ini, perusahaan juga meluncurkan dukungan untuk klien dalam Bahasa Indonesia untuk menghubungkan UKM dengan Facebook melalui surat elektronik atau telepon jika terjadi permasalahan pada akun iklan dan pembayaran, pengiriman iklan, Facebook Pages / akun Instagram, dll. Pengiklan bisa menghubungi Facebook dalam bahasa Indonesia.

“Di Indonesia saya telah bertemu dengan banyak UKM inspiratif yang menggunakan Facebook dan Instagram serta telah meraih kesuksesan dalam mengembangkan bisnis mereka. Mereka memiliki semangat wirausaha yang luar biasa, kreatif dan produktif. Mereka lebih peduli tentang bagaimana meraih penjualan bisnis yang lebih tinggi daripada mendapatkan jumlah Likes/Followers, Comment atau Shares yang lebih tinggi,” ujarnya.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)