Strategi J&T Express Menggarap Pasar Indonesia

Agresivitas PT Global Jet Express (J&T Express) di industri ekspedisi nasional mendapatkan apresiasi “Indonesia Most Creative Companies 2019” versi Majalah SWA.

Keberhasilannya di Indonesia terbukti dari peningkatan jumlah pengiriman paket yang meningkat setiap tahunnya. “Kurang dari lima tahun, di tahun pertama kami hanya 250 ribu paket perhari dan saat ini sudah 1 juta paket perhari ,” ungkap Elena Public Relations J&T Express saat ditemui di malam perhargaan Indonesia Most Creative Companies 2019 di Hotel Shangrila, Jakarta.

Menurutnya, J&T Express hadir dengan inovasi yang belum pernah ada di Indonesia yaitu dengan menghadirkan layanan jemput paket gratis di tempat pelanggan dan beroperasi 365 hari. Selain itu, pihaknya juga menyediakan layanan call center dengan tiga bahasa yang juga beroperasional 365 hari.

Pada kesempatan yang berbeda Robin Lo, CEO J&T Express, menuturkan, untuk kenyamanan pelanggan, perusahaan juga terus meningkatkan layanan dengan mengembangkan teknologi di dalam operasionalnya. Pada Desember 2018, mesin sortir mulai digunakan di pusat sortir Rawa Bokor, Tangerang. Mesin yang dapat mensortir 30.000 paket per jam ini dilengkapi dengan conveyor belt, di mana bisa mempercepat proses sortir paket dan mengurangi human error sehingga paket yang dikirim akan lebih cepat sampai tujuan.

“Kami akan terus mengembangkan sistem IT ke arah yang lebih baik lagi,saat ini dari 56 pusat sortir di seluruh Indonesia, sudah ada 3 pusat sortir yang terletak di Bandung, Surabaya dan Semarang yang dalam tahap pemasangan alat ini,” jelasnya.

Terkait strategi pemasaran, perusahaan memanfaatkan sosial media. Pasalnya, sejak pertama kali berdiri, J&T Express fokus menyasar e-commerce. Mengusung Tagline “Express Your Online Business” pengiriman paket pun 60%-70% berasal dari e-commerce. “Kami melihat pertumbuhan e-commerce di Indonesia terus tumbuh, sehingga kami memang fokus ke bisnis-bisnis online,” ujarnya. Hingga akhir tahun 2019, ia menargetkan peningkatan pengiriman paket mencapai tiga kali lipat dari pengiriman tahun lalu.

Editor: Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Tags:
Robin Lo

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)