Strategi Membangun Pemimpin dari Dalam Ala Citi Indonesia

Sebagai bagian dari organisasi global, Citi Indonesia berupaya mempersenjatai karyawannya agar tetap adaptif dan relevan dalam setiap perubahan zaman. Telah berdiri di Indonesia selama 53 tahun lalu, Citi Indonesia memiliki lebih dari 2.200 karyawan yang mayoritas telah bekerja di perusahaan perbankan tersebut selama 5-10 tahun. Sebanyak 61% merupakan generasi milenial dan gen Y. Sedangkan dari total populasi karyawan, sebanyak 56,2% adalah wanita.

Andyana Tobing, Head of Human Resources Citi Indonesia, dalam Webinar SWA bertajuk Indonesia Best Companies in Creating Leaders from Within Award 2021 (16/12/2021) mengungkapkan empat inisiatif untuk membangun talent dari dalam.

Pertama, talent assessment. Proses yang dilakukan setiap tahun ini berupa penilaian karyawan berdasarkan kinerja dan kompetensi kepemimpinan. Hasil dari penilaian ini menjadi dasar keputusan untuk memasukkan karyawan dalam kategori talent. Dalam penilaian ini, Citi Indonesia menggunakan 2 rating performance, yakni goals rating dan leadership rating. Goals rating adalah KPI yang diraih karyawan, sedangkan leadership rating adalah tentang bagaimana seorang karyawan mencapai goals-nya,” tutur Andyana.  

Penilaian leadership rating ditinjau dari kemampuan talent untuk menampilkan leadership values Citi Indonesia pada kinerjanya. Adapun leadership values tersebut yakni taking ownership, succeed together, dan deliver with pride.

Proses kedua adalah succession planning. Dalam hal ini, manajer diharapkan dapat membangun suksesornya dari internal sekaligus mengukur kesiapannya. Perlu dicermati apakah suksesor sudah siap saat ini, 1-2 tahun lagi, atau bahkan 3-5 tahun lagi. Bila ada development gap, manajer diharapkan berdiskusi dengan HR untuk merancang rencana pengembangan suksesor tersebut.

Ketiga, talent development & mobility. Proses ini, sebut Andyana, tidak hanya mencakup training in class, melainkan juga kesempatan bagi karyawan untuk terlibat dalam project assignment baik di Indonesia maupun regional. “Untuk development, kami menganut prinsip 70:20:10,” kata Andyana.

Sebagai bagian dari organisasi global, Citi Indonesia menyadari pentingnya pertukaran keahlian antarnegara. Oleh karena itu, perusahaan melakukan identifikasi karyawan lokal untuk penugasan kerja di Citi overseas baik untuk jangka waktu kurang dari 6 bulan maupun satu tahun. Saat ini, sebanyak 72 karyawan Citi Indonesia sedang bekerja di Citi overseas.

Keempat adalah diversity. Sebagai wujud awareness akan pentingnya keberagaman baik dari segi latar belakang, pengalaman, maupun gender, Citi Indonesia mengedukasi karyawan untuk mengatasi bias pada proses kalibrasi manajemen talenta, rekrutmen, promosi, performance management, dan sebagainya.

Citi Indonesia memiliki program edukasi khusus female talent yang dimulai dari level EVP ke atas. Ada juga Citi Indonesia Women’s Network, sebuah wadah untuk mempromosikan dan membangun female leaders Citi. Aktivitasnya pun beragam, seperti professional mentoring, pengembangan karir, hingga community outreach atau pemberdayaan komunitas perempuan di luar organisasi Citi Indonesia.

Perusahaan ini juga menyediakan wadah berjejaring bagi para pemimpin mudanya melalui Citi Indonesia Generations Network. Fungsinya adalah untuk meningkatkan awareness tentang keberagaman dan hubungan antargenerasi. Adapun salah satu aktivitasnya adalah group mentoring antargenerasi.

Sebagai bagian dari implementasi digital, Citi Indonesia menyediakan portal digital learning yang di dalamnya terdapat akses ke berbagai platform pembelajaran seperti Udemy, HBR, Ted Talk, podcast, dan lain-lain. Pembelajaran ini bersifat fleksibel agar karyawan dapat memilih waktu dan durasi belajar di luar jam bekerja.

Beberapa hasil yang diraih Citi Indonesia dalam hal manajemen talenta diantaranya 3 dari 7 BOD adalah hasil dari program Citi’s Analyst Program. Sementara 27% Senior Management memulai karir mereka di Citi.

Dari hasil survey voice of employees tahunan, 88% karyawan memilih untuk tetap bekerja di Citi Indonesia dalam satu tahun ke depan. Sebanyak 93% karyawan merekomendasikan Citi sebagai tempat bekerja yang baik, sedangkan 93% karyawan percaya bahwa mereka bisa sukses di Citi Indonesia berkat value perusahaan yakni menghargai keberagaman.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)