Strategi PJB Kelola Pembangkit

Aset perusahaan harus dikelola dengan baik agar bisa dimanfaatkan seoptimal mungkin. PT Pembangkitan Jawa - Bali (PJB) mengembangkan solusi implementasi sistem manajemen aset (Enterprise Asset Management / EAM) untuk mengelola pembangkit mereka.

Anak usaha PT PLN (Persero) ini mengembangkan solusi ini sejak tahun 2009. Solusi itu membuat pengelolaan pembangkit menjadi lebih sistematis dan terdata dengan baik. Selain itu juga lebih mudah diimplementasikan karena sudah disesuaikan dengan kebutuhan bisnis pembangkitan.

Layanan itu sudah diterapkan pada sejumlah pembangkit PLN di FTP1, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Implementasi terbaru dilakukan PJB pada PLTMG Arun di Aceh yang pada Selasa (22/3) sudah memasuki tahapan Go Live (peresmian penggunaan) setelah dimulai pada pertengahan 2016.

Direktur Operasi I PT PJB dan GM PLN Pembangkitan SBU Sugiyanto menekan tombol penanda go live

Kegiatan ini menjadi bagian dalam kontrak jasa Operation & Maintenance antara PLN dengan PT PJB, sekaligus salah satu tahapan implementasi tata kelola pembangkitan (Business Management System), yang meliputi operation management, work planning and control, management outage, dan supply chain management.

Direktur Operasi I PT PJB, Yuddy Setyo Wicaksono berharap Go Live EAM membuat seluruh proses bisnis pembangkitan di PLTMG Arun bisa berjalan lebih baik, terutama dalam mendukung keandalan dan operasi pembangkit.

Ia mengingatkan peranan penting PLTMG Arun dalam menurunkan biaya pokok penyediaan listrik, khususnya di Sumatera Bagian Utara. "Semoga penggunaan Maximo mampu mencatat data historical operasi dan pemeliharaan yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan performance unit," kata dia dalam rilisnya.

General Manager PT PLN (Persero) Pembangkitan Sumatera Bagian Utara, Sugiyanto berharap sistem dapat digunakan sebagai tools untuk mengoptimalkan pengelolaan PLTMG Arun. Dengan begitu, operasional pembangkit itu bisa menjadi lebih efektif dan efisien.

“Tiga tahun ke depan PLTMG Arun bisa menjadi PLTMG terbaik se Indonesia asalkan memenuhi 3P. Planning, Process dan People harus dijalankan dengan baik,” katanya.

Januari lalu, PJB juga melakukan Go Live EAM Pembangkitan Tahap 1 di PLN Pembangkitan Sumatera Bagian Utara dan PLN Pembangkitan Sumatera Bagian Selatan. Dalam proyek ini, PJB mengimplementasikan EAM pembangkitan Maximo yang terintegrasi dengan enterprise resource planning (ERP) PLN.

Layanan EAM yang diberikan PJB disesuaikan dengan tata kelola pembangkitan yang merupakan best practice dari pengelolaan operasi dan pemeliharan PT PJB. Pengguna jasa bisa memanfaatkan data base PT PJB sebagai knowledge basic. Selain itu layanan tersebut juga didukung oleh tenaga ahli di bidang EAM.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)