Strategi Viva Menjaga Ekuitas Merek

Viva Cosmetics sudah hadir lebih dari setengah abad di Indonesia. Mereka mulai agresif di kanal digital sejak 2011 lalu dengan tik khusus yang berada di bawah tim pemasaran. “Kami melayani konsultasi, keluhan, dan feedback konsumen melalui kanal digital hingga belanja online,” kata Danny Wibisono, Kadiv Pemasaran PT Vitapharm.

Menurut dia, tim digital sebagian besar anak mudah usia 20-30 tahun yang tergolong generasi millenial (Gen Y). Meski berasal dari beragam latar belakang pendidikan, perseroan memberikan pelatihan mengenai produk, manfaatnya, serta membantu konsumen mengatasi masalahnya, seperti rambut lepek, jerawat, penggunaan make-up.

“Kami menggelar promosi untuk belanja online senilai tertentu mendapatkan free ongkir ke seluruh wilayah di Indonesia,” kata dia.

danny-viva

Dia menjelaskan, langkah yang paling berat saat ini adalah mempertahankan brand yang bagus. Selain harus berkualitas dan harganya terjangkau, perseroan juga harus memastikan distribusi produk hingga ke mal-mal dan daerah pelosok desa. Untuk itulah, mereka menggandeng tiga distributor tangguh dengan satu kantor perwakilan.

Pertama, ada di Surabaya dengan cakupan wilayah dari Jawa Timur, Jawa Tengah, Kalimantan Selatan dan Timur, NTT, NTB, Ambon, dan Papua. Kedua, ada di Jakarta untuk wilayah DKI, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Sumatera, dan Batam. Ketiga, ada di Menado untuk wilayah Sulawesi Utara dan Tengah.

“Kantor perwakilan berada di Makasar dengan cakupan wilayah Sulawesi Selatan dan ke berbagai agen di daerah-daerah pelosok,” ujar dia.

Untuk memperkuat brand, Danny menambahkan, promosi gencar di above dan below the line, termasuk digital. Produk harus terpampang di TV, radio, media cetak, dan online. Untuk kegiatan below the line, perseroan pergi ke daerah-daerah untuk menggelar kelas kecantikan, demo make-up, kerjasama dengan salon, serta pameran lain.

“Kami juga bekerjasama dengan universitas, perguruan tinggi, tentang make up dan perawatan wajah. Kami menggandeng Rudy Hadisuwarno setiap tahun dan Tiara Kusuma sebagai kelompok pemilik salon dan ahli kecantikan. Kami juga akan roadshow ke 19 kota tahun ini,” katanya.

Untuk meningkatkan engagement dengan pelanggan, lanjut dia, Viva Cosmetics juga mengadakan meet and greet dengan komunitas online di Jawa Tengah, Timur, Barat, Jakarta, Malang, Yogya, Solo, dan Bekasi. Perseroan juga menerima kunjungan dari sekolah-sekolah untuk memberi edukasi tentang perawatan wajah dan make up.

“Setiap dua bulan sekali, kami mengundang blogger dan memberi edukasi atau tips n trik menggunakan make up,” katanya. (Reportase: Aulia Dhetira)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)