Sudirman Said: Sejak 2001 Cadangan Migas Kita Turun

Menanggapi soal pembubaran PT Pertamina Energy Trading Limited (Petral), Menteri ESDM Sudirman Said, berpendapat masalah petral adalah bagian kecil dari permasalahan minyak dan gas (migas) di Indonesia. Untuk itu, saat pertemuan dengan para pemimpin redaksi (Forum Pemred) Sudirman menjelaskan agar tidak berlarut dalam pembahasan soal Petral.

Suasana Bincang Forum Pemred dengan Menteri ESDM, Sudirman Said Suasana Bincang Forum Pemred dengan Menteri ESDM, Sudirman Said

"Ada masalah lain yang ingin saya bagi dalam kesempatan ini terkait dengan hulu hingga hilir migas di Indonesia. Salah satunya adalah membangun kedaulatan energi," terang Sudirman yang saat itu mengenakan baju batik warna coklat tua dengan kaca mata bulat khasnya di kantor Jak TV, Jakarta.

Mantan pengurus Indonesia Integreted Supply Chain (ISC) Pertamina itu melanjutkan sejak tahun 2001 cadangan migas Indonesia mengalami penurunan dengan tingkat pengembalian tidak sampai 60%. Sejak tahun 1997 produksi dan leafting migas menurun 5 tahun terakhir dan tidak pernah mencapai target.

Jika tidak segera dibenahi, maka Indonesia bisa menjadi negara importir bahan bakar minyak terbesar ke dua di dunia. Sedangkan di kilang minyak Indonesia mengalami kerugian mencapai Rp 50 triliun atau sebesar Rp 10 triliun per tahun.

Maka, sudah tidak saatnya lagi energi menjadi sebuah komoditas, energi harus menjadi driver pertumbuhan ekonomi di Indonesia dan mampu mewujudkan kedaulatan energi nasional. Investasi hulu migas juga harus dibenahi agar tidak lagi kocar-kacir.

"Agar membendung krisis migas tadi, kami tengah menyiapkan rencana Kepres tentang tata kelola migas, dan menyiapkan anggaran yang cukup besar terkait rencana masif campaign tentang kadaulan energi di tahun depan," jelas Sudirman.

Indonesia juga kaya akan energi baru, jadi seharusnya energi terbarukan ini jangan dijadikan sebagai alternatif tapi memang harus difokuskan ke arah sana. (EVA)

 

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)