Super Indo Pastikan Standarisasi Keamanan Pangan Hadapi Idul Fitri

Yuvlinda Susanta, Head of Corporate Affairs & Sustainability Super Indo

Sebagai supermarket yang tumbuh dan berkembang bersama masyarakat Indonesia, Super  Indo  berkomitmen  untuk  menghadirkan produk  berkualitas, sehat  dan  aman. Untuk menghadirkan  bahan  pangan segar yang  sehat dan aman,    menjelang  Hari  Raya  Idul  Fitri,  Super  Indo menjamin  komoditas  pangan yang  berasal  dari hewan  yang tersedia  di  semua  gerait elah  memenuhi standar  keamanan  pangan  sesuai  regulasi  pemerintah,  salah  satunya  yaitu dengan  dipenuhinya Nomor Kontrol Veteriner (NKV). Bahan pangan segar tersebut meliputi telur, susu, dan daging.

Selama ini konsumen yang berbelanja di gerai Super Indo adalah  mereka  yang  membeli  kebutuhan  pokok  dan  barang penting  lainnya  menjelang  Lebaran.  Salah  satu  kebutuhan  pokok  yang  paling  diminati  adalah telur ayam. “Telur ayam di Superindo 100% telur ayam yang bersumber dari peternakan yang dapat dilacak dan bersertifikat NKV sebagaimana  diatur  oleh  pemerintah  Indonesia.  Super  Indo  juga  kini  telah  menyediakan  telur  tanpa kandang  sekat  atau  cage  free  egg  di  beberapa  gerai,” ujar Johan  Boeijenga,  Chief  Executive Officer Super Indo.

Rata-rata konsumsi  telur  ayam  ras  mengacu survei Konsumsi Bahan Pokok (VKBP) 2017 dan Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) 2019  dari  Badan  Pusat  Statistik  sebesar  18,16 kg/kapita/tahun. Sementara itu,  kebutuhan  telur  ayam  ras  sampai  bulan  Mei  2020  diperkirakan  sebesar 2.059.735  ton.    Angka  ini  menunjukkan,  telur  ayam  merupakan  produk  pangan  asal  hewan  yang  cukup diminati masyarakat Indonesiadan permintaannya terus meningkat. Oleh karena itu, Super Indo akan terus menjalankan  tanggung  jawab  untuk  menyediakan  telur  ayam yang  aman  dan  berkelanjutan  setiap  hari  di seluruh gerai.

“Telur  ayam  merupakan  produk  asal  hewani  yang  sangat  digemari  masyarakat  Indonesia.  Selain  dapat dijadikan  makanan  pokok,  telur  ayam  juga  dapat  menjadi  bahan  tambahan  dalam  membuat  makanan. Oleh  karena  itu,  kami akan  berusaha menjadi tempat  belanja  yang  lebih  baik  dan mengupayakan  standar keamanan  pangan  baik  dalam  menyambut  momen  Idul  Fitri  ataupun  setiap  harinya.  Kami  mendorong perubahan  positif,  memastikan  telur ayam yang  kami  jual  berasal  dari  produsen  yang  memiliki  komitmen yang  sama  dan  telah  menerapkan  persyaratan  yang  ditetapkan oleh pemerintah,” jelas Yuvlinda Susanta, Head of Corporate Affairs & Sustainability Super Indo.

Selain  telur  ayam  yang  telah  tersertifikasi  NKV,  Super  Indo  juga  menyediakan  telur bebas  kandang  sekat (cage-free  eggs).  Cage-free  eggs dihasilkan  dari  peternakan  ayam  yang  dibiarkan  bebas  tetapi  di  dalam rumah   ayam   yang   besar,   tanpa   sekat-sekat   kandang   yang   biasanya   memisahkan   ayam.   Sehingga kesejahteraan ayam-ayam tersebut dapat lebih terjaga dan alami, serta dapat memberikan telur yang lebih berkualitas.

“Kami  menjalankan  tanggung  jawab dalam   mengupayakan   standar kesejahteraan  hewan   yang   layak   dalam   rantai   pasok.  Selain   100%   NKV,   kini   pelanggan   bisa mendapatkan telur  bebas  kandang  sekat  (cage-free  eggs) di  15  gerai  Super  Indo  mulai  Maret 2021 dan  menargetkan  100  persen  gerai  kami akan menjual  cage-free  eggs  pada  tahun  2022.  Ini  adalah upaya  berkelanjutan  dan  kami  bekerja  sama  dengan  pemasok  dan  mitra. Kami  berharap  bisa menginspirasi  pelaku  ritel  makanan  lain  di  Indonesia  untuk  bergabung  dalam  gerakan  kesejahteraan hewan,” Yuvlinda menambahkan.

“Selama periode Ramadan  dan menyambut Idul Fitri, Super Indo juga  memastikan pasokan  produk  tetap  aman dan tersedia melalui kerja sama  dan komunikasi intensif  dengan  para  pemasok  baik  nasional  maupun  lokal, sehingga diharapkan kebutuhan pelanggan dapat terpenuhi dengan baik,” kata Donny Ardianta Passa, Vice President Buying & Indirect Procurement Super Indo.

Sejak  tahun  1997,  Super  Indo  tumbuh  dan  berkembang  bersama  masyarakat  Indonesia.  Kini,  Super  Indo telah  memiliki  186 gerai  yang  tersebar  kota  dan  kabupaten  di  Pulau  Jawa  dan  Sumatera bagian  selatan termasuk supermarket  waralaba  dengan  merek  Super  Indo  Express  yang  berlokasi  di  Jakarta,  Tangerang, Bekasi dan Depok.

Didukung lebih dari 9.000 karyawan terlatih, Super Indo menyediakan beragam produk kebutuhan  sehari-hari ,  lengkap,  harga bersaing, dan lokasi toko  yang mudah  dijangkau.  Kesegaran  dan  kualitas  produk  selalu  dijaga  melalui  pilihan  sumber  yang  baik dan penanganan  dengan  standar  prosedur  operasional  yang  selalu  dipantau. 

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)