Susi Pudjiastuti: 70 Tahun, Sektor Bahari Indonesia Terabaikan

Indonesia dalam waktu 2 tahun pemerintahan Jokowi sudah mengalami banyak perubahan. Terjadi deregulasi di semua lini termasuk perikanan. Hal ini disampaikan oleh Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia. Perikanan salah satu sumber daya alam terbesar yang dimiliki Indonesia.

Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia

Namun, selama 70 tahun negara kita merdeka, sektor ini terabaikan, karena fokus pada pembangunan di wilayah darat. Potensi penerimaan dari kelautan baru mencapai sekitar US$ 3,85 miliar tahun 2012. Padahal, Indonesia berpotensi meraup Rp91 triliun dari sektor ini.

“Pemerintah saat ini mengawali tahun pemerintahan dengan memberantas illegal fishing yang merugikan Indonesia. Angka sebenarnya tidak ada yang tahu pasti, tapi satu perusahaan asing saja bisa mengambil ikan di perairan Indonesia hingga 3,5 juta ton dalam waktu satu tahun," jelas Susi.

Illegal fishing disertai dengan mengambil sumber daya minyak, menyelundupkan barang illegal, senjata, narkoba, dan lain-lain. Hal ini tidak hanya merusak tatanan ekonomi tetapi juga membuat industri dalam negeri tidak mampu berkompetisi.

Pemerintah pun mengambil tindakan tegas yaitu menangkap kapal asing yang melakukan illegal fishing dan menenggalamkannya. Selama 1,5 tahun ini hanya 286 kapal, tetapi sebanyak 10 ribu kapal asing memilih untuk tidak melanggar aturan yang dibuat oleh pemerintah.

Dengan ini, Pertamina bisa mengamankan minyak  hingga 37 persen, nilai tukar nelayan dari 102 meningkat menjadi 110, PDB perikanan meningkat, dan meningkatkan konsumsi ikan nasional. Tercipta multiplier effect dari adanya IUU Fishing ini.

Program ke depannya, KKP sedang membangun infrastruktur di 12 pulau terluar. Sebagian besar sudah dikerjakan dan sebagian lagi sudah hampir selesai. Untuk itu KKP akan terus bersinergi dengan Kementerian BUMN untuk merealisasikan visi dan misi pemerintah—Indonesia menjadi poros maritim dunia.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)