Taktik Indo Premier Jaring Investor Pasar Modal

Investor pasar modal di Indonesia masih sangat sedikit. Misi utama PT Bursa Efek Indonesia adalah memperbesar basis investor. Dengan semakin banyaknya investor domestik, pasar modal di Tanah Air tidak mudah bergejolak.

“Tahun 2014, jumlah investor baru sekitar 300 ribu. Rasio investor dengan jumlah penduduk masih sangat kecil. Penetrasinya baru sekitar 0,1%, hampir tidak ada artinya dibanding negara lain,” kata Moleonoto The, President Director & Chief Executive Officer Indo Premier Securities.

indo-premier

Ungkoro Darmosusilo dan Nixon J. Silfanus yang berpengalaman lebih dari 20 tahun di bidang keuangan dan pasar modal mendirikan Indo Premier pada tahun 2003. Mereka melakukan terobosan di tahun 2007 dengan merubah proses transaksi saham dari konvensional ke online stock trading dengan nama Indo Premier Online Trading (IPOT).

IPOT merupakan sebuah platform yang memfasilitasi nasabah untuk melakukan perdagangan saham end to end. Mulai dari monitoring, eksekusi hingga pelaporan. Semua dilakukan secara online. Setelah berkembang platform online untuk investasi, nama IPOT berubah menjadi Indo Premier Online Technology.

“Tidak mudah menarik orang untuk berinvestasi karena masyarakat Indonesia telah terbiasa menabung di bank dalam bentuk deposito. Supaya mau masuk ke saham, kami perkenalkan reksadana,” kata dia.

Pada 2014, Indo Premier meluncurkan IPOT Fund yakni reksadana online pertama di Indonesia. Ini adalah platform yang ada di Indopremier.com untuk transaksi reksadana secara online, mudah dan transparan. Perseroan bekerjasama dengan 28 Manajer Investasi dan menawarkan 146 produk reksadana di IPOT Fund.

Segala transaksi dilakukan secara real time, keunggulan lainnya lewat IPOT Fund, investor dapat membeli lebih dari satu produk reksadana dari Manajer Investasi lain. Kalau secara konvensional sangat sulit untuk dilakukan, dan laporannya berbeda-beda.

“Supaya masyarakat dapat mengakses berbagai produk reksadana, kami menyesuaikan dengan produk yang menjadi kebutuhan dan kemampuan investor. Reksadana sendiri, produknya ada berbagai jenis,” ujar dia.

Pada April 2016, Indo Premier meluncurkan IPOTku.com yakni tabungan reksadana pasar uang dengan imbal hasil di atas bunga deposito. Investor yang datang ke Indopremier, cukup mendaftar satu kali di Indopremier.com.

Dengan satu akun tersebut, mereka bisa mengakses semua produk investasi mulai dari investasi reksadana saham maupun pasar uang, seiring dengan tingkat kedewasaan investasi para investor. Buat pemula mungkin bisa bermain di Ipotku dan baru tiga tahun kemudian mencoba IPOT Fund. (Reportase: Syukron Ali)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)