Lazada Targetkan Penambahan Rantai Logistik

Seiring dengan berkembangnya sistem belanja online (e-commerce) yang menuntut pengiriman barang secara cepat dan massal, Lazada berniat untuk menambah sejumlah rantai logistik pasca memasuki tahun ke-3 berkiprah sebagai perusahaan marketplace di Indonesia.

Ki-Ka Sebastian Sieber CMO Lazada Indonesia - Ashwath Ramesh COO Lazada Indonesia - Magnus Ekbom CEO Lazada Indonesia - Rene Janssen CCO Lazada Indonesia

Magnus Ekbom, CEO Lazada Indonesia, menargetkan akan menambah sebanyak dua kali lipat dari total gudang yang ada selama ini, yang nantinya akan berdiri kota - kota besar yang tersebar di Indonesia. "Saat ini kami memiliki 20 gudang dan akan menambah hingga dua kali lipat," ujar Ekbom, saat ditemui di acara ulang tahun Lazada ke-3, di Kota Kasablanka (23/3).

Ekbom menjelaskan, penambahan gudang dan rantai logisitik ini digadang bakal meningkatkan performa Lazada yang diwujudkan dalam peningkatan kepuasan pelanggan saat melakukan aktivitas belanja melalui marketplace tersebut. "Penambahan gudang dan rantai logistik ini bertujuan juga untuk menambah kapasitas pengiriman Lazada serta memperpendek periode pengiriman," katanya.

Langkah ini diambil Lazada sekaligus untuk menjawab tudingan miring pelanggan selama ini yang kerap dihadapkan pada lamanya periode pengiriman serta kerusakan barang yang kerap terjadi saat barang sampai di tempat pelanggan. Ekbom mencermati, hal ini lantaran karena besarnya cakupan kirim di Indonesia yang terdiri dari 17.000 pulau, tapi belum diimbangi dengan kualitas pengiriman ekspress pada perusahaan logistiknya, dimana hal tersebut menjadi sangat substansial dikarenakan tuntutan pasar eCommerce yang cepat dan massive.

Sejauh ini, Lazada telah menggelontorkan dana sebanyak US$ 749,4 miliar untuk mengembangkan pertumbuhan bisnisnya sejak pertama berdiri pada tahun 2012. Adapun alokasinya sebagian besar ditujukan untuk pengembangan gudang dan rantai logistiknya, pembangunan infrastruktur, serta investasi pada sumber daya manusianya.

Meskipun tidak disebutkan berapa jumlahnya, Lazada telah menentukan sejumlah titik untuk penambahan gudang, seperti di Lampung, Padang, Mataram, Kupang, Makassar, dan beberapa kota besar lainnya. Sementara untuk di kawasan Jakarta sendiri, Lazada baru saja meresmikan gudang barunya seluas 12.000 hektar di Cakung, dan rencananya akan membangun satu gudang lagi di rentang tahun 2015 ini. "Sehingga di Jakarta kami akan memiliki total tiga gudang," tambah Ekbom.

Ekbom sendiri mengaku optimis Lazada akan menuai pertumbuhan positif di tahun 2015 ini. Pasalnya penetrasi pasar global yang semakin kencang, ditambah perkembangan trend eCommerce-nya sendiri bakal menjadi modal awal sebagai penentu pertumbuhan bisnis marketplace ke depan. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)