Targetkan Rp 4,3 triliun, Pos Genjot Pembangunan Post Shop dan Hotel Budget

PT Pos Indonesia (Persero) tahun ini mematok target pendapatan sebesar Rp 4,3 triliun, atau meningkat dibanding realisasi pendapatan sepanjang 2012 yang sebesar Rp 3,3 triliun. Untuk laba bersih ditargetkan mencapai Rp 300 miliar, naik dari perolehan laba bersih tahun lalu yang sebesar Rp 212 miliar.

Direktur Utama PT Pos Indonesia, I Ketut Mardjana, mengatakan, kontribusi untuk pendapatan paling besar berasal dari jasa pengiriman barang dan surat. "Untuk pengiriman surat dan parsel menyumbang hingga 54 % dan sisanya dari jasa keuangan, serta logistik," jelasnya.

Untuk mendorong pendapatan sebesar Rp 4,3 triliun, perusahaan BUMN ini menyiapkan Rp 900 miliar untuk belanja modal. Dana tersebut digunakan untuk menjalankan rencana bisnis perseroan, salah satunya diperoleh dari program kemitraan.

Melalui anak usahanya, PT Retail Indonesia, Pos Indonesia berniat menambah 300 gerai-400 gerai Post Shop sepanjang tahun 2013. Post Shop ini merupakan kemitraan PT Pos dengan beberapa ritel minimarket yakni Indomaret, Alfamart dan Circle K. Hingga kini, sudah ada 30 gerai Post Shop yang beroperasi dan dari setiap gerai bisa mencatatkan penjualan sebesar Rp 500 juta per tahun.

Pos juga berencana mengembangkan bisnisnya dengan membangun sejumlah hotel berbiaya rendah (hotel budget) di beberapa daerah pada tahun ini. Lokasi untuk pembangunan hotel budget ini adalah Bandung, Denpasar, Makassar, Surabaya, dan Medan.

"Akan dibangun di sejumlah daerah di Indonesia, lahannya PT Pos yang tidak terpakai. Langkah ini juga sebagai pemanfaatan aset yang tidak terpakai," katanya. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)