Tarik Investasi, Ini Strategi BKPM di 2017

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menargetkan realisasi investasi Rp 678 triliun di tahun 2017. Thomas Lembong, Kepala BKPM, merasa optimistis angka tersebut dapat tercapai. Saat ini terdapat 3 besar investor yang menanamkan investasinya di Indonesia, yaitu Singapura, Jepang, Tiongkok.

BKPM terus berusaha menarik minat investor asing, walaupun sempat terjadi demonstrasi beberapa waktu lalu, menurutnya Indonesia masih menjadi negara yang paling aman, stabil, dan reformis untuk menajdi tujuan investasi negara-negara lain.

Thomas Lembong, Kepala BKPM

“Pada 2017 target realisasi angka tersebut cukup ambisius, tapi masih selaras dengan tren di 2-3 tahun terakhir. Pada tahun 2018 target yang diberikan oleh Presiden, BAPPENAS, dan Menteri Keuangan, pertumbuhan ekonomi mencapai 6,1 persen,” ujarnya.

Untuk itu, Sri Mulyani, Menteri Keuangan RI menegaskan bahwa Indonesia ingin mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, jadi bukan hanya mencapai target di 2018 tapi mencapai target dengan cara yang sustainable hingga tahun-tahun mendatang. Ini menjadi tantangan ganda, yaitu pertama bagaimana mencapai target yang begitu luar biasa dan membuat tren menjadi sustain di tingkat tahunan atau realisasi tahunan.

BKPM harus menerapkan strategi investasi yang sesuai dan berorientasi pada sektor-sektor ekspor. Terpenting jangan hanya terobsesi pada ekspor barang tapi juga ekspor jasa. Contoh jasa pariwisata, bagaimana mulai dari mempromosikan potensi pariwisata, menarik investor untuk menguncurkan modalnya, menarik minat wisatawan asing untuk datang dengan cara meningkatkan pelayanan dan memperbaiki infrastruktur pariwisata, dll.

Pariwisata ini dapat menghasilkan devisa untuk Indonesia.  Selain itu meningkatkan infrastruktur di daerah-daerah Indonesia secara menyeluruh dan merata baik jalan tol, pelabuhan, listrik dll, membuka banyak kawasan industri, dll

Cara lainnya adalah adanya pelayanan perizinan investasi yang masih perlu diperbaiki. BKPM akan membantu pemerintah daerah untuk meningkatkan layanan tersebut sehingga dapat menarik investasi. Karena hal ini terkait BKPMD dan PTSP daerah yang di bawahi oleh Kementerian Dalam Negeri, maka BKPM akan menyusun bersama kementerian terkait, baik dalam perbaikan proses dan pelayanan.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)