Telkom Dukung Sentra Layanan Universitas Terbuka

Pendidikan adalah ujung tombak kemajuan bangsa. Negara yang kaya, makmur, dan damai ikut ditentukan oleh tingkat pendidikan masyarakatnya. Itulah yang mendasari PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) selalu berkomitmen untuk memajukan dunia pendidikan di Indonesia.

Setelah turut serta mensukseskan program Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (KemenristekDikti) melalui penyediaan fasilitas jaringan dalam pelayanan pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN Online 2015. Kali ini, Telkom meneken Nota Kesepahaman (MoU) tentang sinergi pemanfaatan sumber daya bersama antara Executive General Manager Divisi Enterprise Service Telkom Siti Choiriana dengan Rektor Universitas Terbuka Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D,  disaksikan oleh Direktur Enterprise & Business Service Telkom Muhammad Awaluddin.

Salah satu bentuk implementasi dari MoU tersebut adalah peresmian Sentra Layanan Universitas Terbuka (SALUT) yang diresmikan hari ini oleh MenristekDikti M.Nasir dan Menkominfo Rudiantara. Langkah ini sejalan dengan program Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) yang telah dicanangkan oleh pemerintah.

Telkom dan Universitas Terbuka sepakat melakukan kerjasama pengembangan sarana dan prasarana pendidikan Perguruan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh (PTTJJ) berbasiskan Teknologi Informasi dan Komunikasi, yanga mana saat ini sistem PTTJJ relatif masih dirasakan baru kehadirannya di Indonesia. Kerjasama ini dapat mendukung Universitas Terbuka untuk mendekatkan layanan serta memfasilitasi peningkatan akses dan keterampilan pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi mahasiswa dalam pembelajaran dan menjadi institusi PTTJJ berkualitas dunia dalam menghasilkan produk pendidikan tinggi dan dalam penyelenggaraan, pengembangan, dan penyebaran informasi PTTJJ.

 

Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) sinergi pemanfaatan sumber daya bersama antara Executive General Manager Divisi Enterprise Service Telkom Siti Choiriana dengan Rektor Universitas Terbuka Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D yang disaksikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara (ketiga dari kiri), Sultan Kasepuhan Cirebon Gusti Sepuh XIV Pangeran Raja Adipati Arief Natadiningrat (kedua dari kiri), Direktur Enterprise & Business Service Telkom Muhammad Awaluddin (kedua dari kanan), dan Direktur Dwi Guna Cipta Nusantara   Yoga Pudijanto (paling kanan) di Cirebon (3/3). Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) sinergi pemanfaatan sumber daya bersama antara Executive General Manager Divisi Enterprise Service Telkom Siti Choiriana dengan Rektor Universitas Terbuka Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D yang disaksikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara (ketiga dari kiri), Sultan Kasepuhan Cirebon Gusti Sepuh XIV Pangeran Raja Adipati Arief Natadiningrat (kedua dari kiri), Direktur Enterprise & Business Service Telkom Muhammad Awaluddin (kedua dari kanan), dan Direktur Dwi Guna Cipta Nusantara Yoga Pudijanto (paling kanan) di Cirebon (3/3).

“Sejalan dengan visi KemenristekDikti untuk mewujudkan pendidikan tinggi yang bermutu serta berkemampuan IPTEK dan inovasi untuk meningkatkan daya saing bangsa, Telkom siap mendukung kemajuan dunia pendidikan Indonesia melalui penyediaan sarana dan prasarana pendidikan berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK),” ungkap Direktur Enterprise & Business Service Telkom Muhammad Awaluddin di Cirebon (3/3).

Sentra Layanan Universitas Terbuka (SALUT) merupakan fasilitas ruang belajar bersama berbasis TIK yang digunakan sebagai pendukung proses pembelajaran jarak jauh mahasiswa Universitas Terbuka dan dapat dimanfaatkan oleh Alumni Universitas Terbuka serta masyarakat umum. Saat ini, SALUT Tahap I yang sudah siap beroperasi adalah SALUT Cirebon, SALUT Cibinong (Bogor) dan SALUT Rangkas Bitung (Banten).

Sebagai bukti nyata keseriusan Telkom dalam mendukung dunia pendidikan di Indonesia, kata Awaluddin, Telkom melalui anak perusahaannya Graha Sarana Duta (GSD) bekerjasama dengan Universitas Terbuka akan mengembangkan lebih banyak lagi lokasi Sentra Layanan Universitas Terbuka (SALUT) yang tersebar di seluruh daerah di Indonesia untuk dapat menjangkau dan mendekatkan layanan Universitas Terbuka kepada mahasiswa di daerah. Dengan kehadiran Telkom melalui berbagai layanan ICT baik connectivity, aplikasi maupun manage service untuk Universitas Terbuka serta berbagai PTN dan PTS diharapkan dapat menjadi enabler percepatan pendidikan Indonesia.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)