Telkom Wujudkan Bandung Smart City

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kota Bandung untuk mewujudkan Bandung Smart City. Telkom siap menjadikan Kota Kembang memiliki koneksi terintegrasi di berbagai bidang, mulai dari transportasi, pelayanan publik, pariwisata dan lainnya. Hal ini sesuai dengan komitmen perseroan untuk mendukung pembangunan Indonesia lewat pengembangan infrastruktur informasi dan teknologi komunikasi (ICT/information and communication technology).

Konsep Smart City bertujuan untuk mempermudah segalan urusan Pemerintah Kota dan Kabupaten dengan dukungan konektivitas tinggi dan aplikasi dengan pemanfaatan ICT. Konsep tersebut akan berdampak pada efisiensi dalam pengelolaan kota. Walikota Bandung Ridwan Kamil berharap,  segala kegiatan operasional Kota Bandung dapat dilakukan secara online. Data yang digunakan sudah data digital sehingga komunikasi untuk segala hal dapat diselesaikan dengan lebih cepat dan praktis.

Beberapa layanan dan infrastruktur yang didukung Telkom untuk mewujudkan Bandung Smart City ini, antara lain penyediaan solusi CCTV, Social Media Analytic, Public Portal, solusi Machine to Machine dan City Digital Media. Telkom menyediakan solusi Urban CCTV Surveillance berupa video analytic dalam konteks  safe city yang dapat menganalisis kondisi lalu lintas, kemacetan serta memonitoring lokasi-lokasi rawan kriminal. Social media analytic menyajikan data trending topic dan analisis tentang Kota Bandung yang diperoleh dari social media (Facebook dan Twitter). Layanan ini akan mendukung Pemkot Bandung untuk mengetahui topik terhangat yang dibahas oleh masyarakat Bandung saat ini.

HiBandung-rev

Telkom juga membangun aplikasi Decision Support System yang memudahkan Pemkot Bandung dalam pengambilan keputusan yang berdasarkan pada data statistik masyarakat Kota Bandung. Untuk mempermudah penyebaran dan penyampaian informasi ke publik, disediakan portal bagi masyarakat Kota Bandung untuk mendapatkan layanan pemerintah secara mandiri, terpusat dan terintegrasi dengan pembayaran.

Tidak hanya dari sisi infrastruktur, Telkom juga mendukung Pemkot Bandung melalui aplikasi-aplikasi yang dapat memudahkan masyarakat kota Bandung dan wisatawan untuk memperoleh informasi khususnya informasi terkait pariwisata dan transportasi. Telkom menyediakan aplikasi Hi-Bandung dan TransCity. Hi-Bandung, adalah aplikasi mobile berbasis IoS dan Android untuk mencari informasi umum di Bandung. Informasi meliputi hotel, objek dan kegiatan wisata, pusat perbelanjaan, restoran, layanan kesehatan, informasi perbankan, tempat ibadah, layanan transportasi, agen biro perjalanan, pusat layanan masyarakat dan radio online. Sedangkan TransCity adalah aplikasi mobile berbasis Android untuk mencari rute perjalanan dari suatu Lokasi Asal ke Lokasi Tujuan dengan menggunakan Transportasi Umum (Angkutan Kota, Taksi, Bis, Travel).

Implementasi Smart City di Bandung ini diharapkan meningkatkan jenis dan mutu pelayanan serta sumber daya manusia di bidang kesehatan, agama, pendidikan, perpajakan, pariwisata, industri perdagangan dan sebagainya. Hingga tujuan akhir dari program ini diharapkan dapat mendukung pembangunan kota Bandung dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Bandung ke depannya. “Telkom juga siap mendukung suksesnya penyelenggaraan KTT Asia-Afrika melalui penyediaan layanan internet cepat dan handal, UseeTV live streaming dan media center,” Demikian keterangan resmi Telkom.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)