Tergiur Potensi Indonesia, GE Gandeng 3 BUMN Sekaligus

Suasana penandatanganan nota kesepahaman GE dan 3 BUMN

Setelah menginvestasikan dana miliaran dollar AS untuk menyempurnakan infrastruktur seperti bandara dan pembangkit listrik, pemerintah Indonesia mengambil langkah kerja sama dengan perusahaan multinasional General Electric (GE) asal AS. Kerja sama ini dijalin dengan GE lewat pintu 3 BUMN strategis, yakni Pertamina, PLN, dan Garuda Indonesia. Nota kesepahaman antara GE dengan 3 BUMN tersebut ditandatangani oleh pimpinan utama perusahaan masing-masing hari ini (19/2).

Bersama Garuda Indonesia, GE  fokus mengembangkan layanan Garuda Maintenance Facility (GMF) AeroAsia. “Caranya, GE meningkatkan kapabilitas dan Sumber Daya Manusia di GMF,” kata CEO GE Indonesia, Handry Satriago. Bentuk kerjas ama GE-GMF adalah kontrak berjangka waktu lebih dari 5 tahun. Hasil yang diharapkan adalah GMF menjadi pemain regional di bidang perawatan pesawat.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Emirsyah Satar, mengungkapkan bahwa salah satu yang diupayakan BUMN adalah meningkatkan kapasitas karyawan dan manajemen. “GE sangat terkenal dengan pembentukan pemimpin. Kerja sama ini dijalin supaya ada leadership institute bersama,” terangnya lebih lanjut.

Nantinya GE akan menjalin kerja sama dengan Lion Air dan Sriwijaya Air. “Tetapi, diutamakan dengan GMF,” tegas Hardy pada sejumlah wartawan.

Sementara itu, GE mengarahkan kerja sama dengan Pertamina pada proyek gasifikasi dan biomassa. GE yang sudah membangun pabrik di Yogyakarta dan Batam ini menggandeng Pertamina sebab BUMN tersebut memiliki sumber energi dan gas. “Yang cukup nyata adalah gasifikasi dalam skala kecil karena daerah-daerah di Indonesia yang tidak tersambung oleh transmisi membutuhkan gas. Sementara untuk skala besar, GE-Pertamina akan bicara soal pemanfaatan sampah,” lanjut Hardy. Proyek ini dicanangkan seiring dengan target Indonesia mengejar produk ramah lingkungan.

Menurut Direktur Utama PLN, Nur Pamudji, GE melihat kesempatan luar biasa di Indonesia. “GE akan banyak berpartisipasi dalam bidding di PLN sehubungan dengan pembangunan sejumlah pembangkit listrik baru,” kata Nur. Ia pun menyebutkan bahwa PLN telah menandatangani kontrak kerja sama dengan Sarula Operation Limited untuk membangun PLTP Sarula. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)