The WCC Award of Excellence for Handicrafts 2014 Resmi Dibuka

World Crafts Council (WCC) Award of Excellence for Handicrafts hari ini resmi memukul gong di kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta. Acara ini dihadiri oleh berbagai entitas/lembaga/yayasan yang membina kerajinan seperti perwakilan UNESCO Jakarta, Ketua Komite Nasional Indonesia untuk UNESCO, dan perwakilan Indonesia National AHPADA Chapter. Turut pula hadir Wakil Menteri Perdagangan RI Bayu Krisnamurthi, Ketua Harian Dekranas Okke Hatta Rajasa, serta Senior Vice President WCC wilayah Asia Pasifik, Edric Ong.

Edrick Ong, Bianca M Lutfi, Bayu Krisnamurthi, Okke HattarajasaKegiatan WCC Award of Excellence for Handicrafts sendiri merupakan kelanjutan dari kegiatan UNESCO Award of Excellence for Handicrafts yang sudah berlangsung sejak 2001. UNESCO Award terakhir kali diselenggarakan di Kuching, Malaysia pada tahun 2012. Pada saat itu Indonesia mengirimkan 31 karya dan 18 di antaranya berhasil memperoleh penghargaan. Namun, sejak tahun 2013 UNESCO tidak lagi berkonsentrasi pada program kegiatan UNESCO Award, melainkan fokus pada program prioritas UNESCO lainnya. Dari situlah, di tahun 2014 ini penghargaan tersebut dilanjutkan oleh WCC dengan program The WCC Award of Excellence for Handicrafts di bawah UNESCO Patronage.

Edric Ong menjelaskan bahwa penyelenggaraan WCC Award di Indonesia kali ini mempunyai arti penting bagi Indonesia maupun WCC sendiri. Pasalnya kegiatan ini baru pertama kali dilakukan. “Selain itu pesertanya juga berasal dari 3 subregional, biasanya hanya 1 atau 2 subregional. Dengan demikian, akan lebih banyak perkembangan produk kerajinan dari negara-negara peserta yang dapat kita ketahui,” ujar Edric, (22/04).

Penjuriannya sendiri akan berlangsung mulai 18-22 Agustus 2014 di kantor Kementerian Perdagangan. Dewan juri terdiri dari pakar yang berkompeten di bidang kerajinan serta desain dan pemasaran. Total ada enam pakar dari berbagai negara dan satu pakar dari Indonesia. Sementara penghargaannya sendiri akan diumumkan pada 1 September 2014 mendatang. Dari situ, para penerima penghargaan WCC Award akan dipromosikan WCC, antara lain dengan diikutsertakan pada pameran di Dongyang, Republik Rakyat Tiongkok (RRT), pada acara peringatan 50 tahun WCC. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)