Tingkatkan Loyalitas Pelanggan, Ini Cara Ranch Market

Bak jamur di musim hujan, pasar modern tumbuh pesat di Indonesia. Persaingan di antara supermarket semakin ketat saja. Salah satu pemainnya, PT Supra Boga Lestari Tbk punya resep jitu untuk meningkatkan loyalitas pelanggannya. “Mayoritas masyarakat masih banyak yang datang ke pasar tradisional, sekitar 65-70%. Hanya saja, modern market pertumbuhannya melebihi pasar tradisional. Modern market hanya ada di kota-kota besar,” ujar President Director PT Supra Boga Lestari Tbk, Nugroho Setiadharma.

Menurut dia, konsumen saat ini semakin dinamis. Umur loyalitas semakin pendek seiring semakin banyaknya merek yang bisa dipilih. Moment of truth pun terus berubah seiring tuntutan pelanggan yang semakin tinggi, tak seperti dulu yang lebih mengutamakan harga yang murah. Harapan pelanggan inilah yang harus dipenuhi agar mereka mau datang kembali dan mengajak keluarga dan sahabatnya untuk ikut berbelanja. “Itu hanya bisa diperoleh jika mereka puas berinteraksi dengan Ranch Market. Untuk membangun loyalitas pelanggan, mulai dari menjaga kualitas produk hingga layanan kepada konsumen,” katanya.

President Director PT Supra Boga Lestari Tbk, Nugroho Setiadharma. President Director PT Supra Boga Lestari Tbk, Nugroho Setiadharma.

Kualitas satu produk meliputi mutu, perlakuan, dan segala hal yang berhubungan dengan produk. Tawaran kualitas yang mumpuni tak hanya sebatas di bibir, tapi mulai dari pembelian, pemilihan produk, faktor penerimaan di toko, shipping, penyimpanan, penyortiran, hingga display produk yang baik. “Effort-nya harus besar karena tidak gampang. Terutama, untuk fresh product yang tidak tahan lama. Beda dengan nonfood yang tahan lama,” katanya.

Itulah yang menyebabkan Ranch Market menerapkan sistem manajemen keamanan pangan sejak tahun 2003 dan sudah memiliki sertifikasi ISO 22000 dan HACCP (Hazard Analysis Critical Control Point). Termasuk, uji laboratorium untuk para supplier yang ingin memasukkan produknya ke Ranch Market. Itu adalah bentuk jaminan kepada konsumen bahwa produk yang disajikan benar-benar bagus dan paling penting, aman untuk dikonsumsi. “Jika konsumen sudah yakin, dengan sendirinya mereka akan menjadi ambassador untuk Ranch Market. Itu yang harus kami jaga,” katanya.

Untuk menjaga kualitas, setiap setahun sekali ada audit dari badan sertifikasi dan ditentukan apakah layak untuk dilanjutkan atau dicabut sertifikasinya. Ada juga internal audit lewat pihak ketiga yang siap melakukan sidak ke-27 cabang Ranch Market di seluruh Indonesia. Audit internal itu juga adalah bagian dari KPI perusahaan. “Sifatnya internal audit ini yang mengatur dan mengarahkan. Mereka yang membuat check list audit dan yang melakukan follow up segala temuan yang fatal. Tujuannya, membantu operasional agar bisa mengoreksi segala kerusakan di toko,” katanya. (Reportase: Syukron Ali)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)