Tips Sequislife Bagi Para Pemudik

Mudik ke kampung halaman telah menjadi bagian penting dalam merayakan Hari Raya Idul Fitri. Lebaran terasa ada yang kurang bila tak bersama sanak saudara. Banyak cara yang dilakukan masyarakat untuk pulang ke kampung. Ada yang memakai moda transportasi umum, ada juga yang membawa kendaraan sendiri.

sequislife lebaranTerkait dengan membawa kendaraan sendiri, cukup banyak masyarakat yang menghalalkan sejumlah cara, misalnya saja mengendarai sepeda motor ke kampung halaman, sekalipun itu berisiko tinggi. Kebiasaan yang buruk ini menjadi hal yang diangkat oleh PT Asuransi Jiwa Sequis Life dalam acara diskusi dengan tema “Mudik Sehat dan Aman, Pilihan Keluarga Cerdas,” yang dilakukan di Jakarta, Kamis (1/8/2013) sore.

Hadir dalam acara itu, AKBP Sambodo Purnomo, Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, dan Norikas Horas, Head of Underwriting PT AJ Sequis Life. “Pemudik dengan sepeda motor menjadi masalah dari tahun ke tahun,” ujar Sambodo. Dia menuturkan, moda transportasi roda dua itu tak layak digunakan untuk perjalanan jarak jauh. Tak bisa pula, kendaraan ini digunakan melebihi kapasitasnya. Karena seringkali, pemudik dengan sepeda motor membawa istri dan anaknya, serta sejumlah barang bawaan.

Bukan hanya motor saja, pemudik yang membawa mobil pun tak lepas dari perhatian aparat kepolisian. Tak jarang ditemukan kecelakaan yang diakibatkan oleh kelalaian pengemudi, misalnya pengemudi mengantuk. “Penyebab utama kecelakaan adalah faktor manusia atau kelalaian pengemudi. Kecelakaan pada 2012 melibatkan 339 kendaraan, yakni 240 motor dan 159 mobil,” tambah dia.

Karena itu, pemudik perlu menyiapkan diri dan kendaraannya dengan baik dan benar. Stamina harus bugar, dan kendaraan pun perlu dicek. Norikas berpandangan, ada tiga hal yang perlu diperhatikan masyarakat sebelum melakukan perjalanan mudik, yaitu aman, nyaman, dan terlindungi. Dan termasuk penting bagi masyarakat mempunyai produk perlindungan, yakni asuransi.

“Dengan tingkat kecelakaan yang tinggi, kita tidak bisa memprediksi apa yang akan terjadi. Yang harus kita lakukan adalah waspada dan mempersiapkan diri jika terjadi sesuatu musibah, misalnya dengan mempunyai produk asuransi khusus kecelakaan,” tutur dia. Sequislife sendiri, terang dia, mempunyai program Personal Accident, dengan uang pertanggungan minimal Rp 50 juta. Preminya sendiri tergantung dari besarnya uang pertanggungan. “Kami sebetulnya bukan (adakan) program khusus buat mudik, tapi ada program Personal Accident,” imbuhnya.

“Dengan premi yang relatif terjangkau, maka santunan asuransi dapat memperingan beban finansial maupun beban mental dari korban dan keluarga,” tandas Norikas. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)