Management Trends zkumparan

Tjufoo Siap Kucurkan Rp1,8 Triliun Buat UMKM

Tjufoo Siap Kucurkan Rp1,8 Triliun Buat UMKM

Satu lagi platform yang memberdayakan UMKM untuk bisa naik kelas, yakni Tjufoo, sebuah startup brand aggregator yang mengusung konsep House of Brands.

TJ Tham, Co-founder and Chief Executive Officer Tjufoo dalam acara peluncurkan Tjufoo di Jakarta (27/1/2022) mengatakan Tjufoo berkomitmen mendukung pertumbuhan UMKM dengan cara mengakuisisi brand lokal yang memiliki model bisnis B2C. Di tahun ini, Tjufoo berencana mengucurkan modal investasi sebesar Rp 1,8 triliun yang akan dijalankan sebagai rencana jangka pendek.

“Dengan dukungan permodalan ini, kami berharap Indonesia mampu menelurkan ratusan brand lokal yang dapat bersaing di pasar global,” ujar TJ Tham.

Hingga akhir 2021, Tjufoo telah meningkatkan performa brand-brand yang telah bergabung dalam ekosistem digitalnya dengan memperkuat elemen-elemen penting seperti marketing dan operasional.

Dari segi marketing, Tjufoo mendukung UMKM untuk membangun infrastruktur dalam memperkuat brand building serta menggencarkan digital optimisation mereka. Dengan cara tersebut, brand diharapkan mampu lebih dekat dengan konsumen untuk tujuan bisnis yang lebih besar. Dari segi operasional, Tjufoo memberikan dukungan untuk pada kebutuhan internal bisnis dalam mengotomasi pengelolaan tenaga kerja, inventoris, konsumen, merchandising, layanan pengadaan, hingga menyelaraskan seluruh proses operasi agar efektif dan efisien.

Tjufoo juga menyediakan mentoring bagi pelaku bisnis dengan mengundang individu-individu unggul perusahaan lintas sektor besar seperti Apple, Grab, Amazon, SAP, dan JP Morgan.

“Semakin banyak diskusi yang kami lakukan dengan pelaku UMKM, kami melihat mereka sangat membutuhkan dukungan tim untuk mentoring dan pendampingan. Mentoring dan pendampingan yang dilakukan secara konsisten dapat memberikan panduan yang solid untuk kebutuhan usaha jangka panjang,” tutur TJ Tham

Sebagai permulaan, Tjufoo menandatangani Perjanjian Kemitraan Strategis Sarinah Pandu untuk pengembangan UMKM dan pemberdayaan perempuan. Sarinah Pandu merupakan program bentukan PT Sarinah untuk menumbuhkembangkan UMKM melalui serangkaian pelatihan. Dalam kerja sama ini, Tjufoo juga memberikan dukungan berupa pendanaan bisnis, mentoring, dan ekosistem guna pengembangan digitalisasi UMKM rujukan Sarinah.

Direktur Utama Sarinah Fetty Kwartati menyampaikan apresiasinya terhadap kolaborasi Tjufoo dalam program Sarinah Pandu. “Tjufoo ini diharapkan mampu turut mentransformasi pengembangan pemasaran melalui pasar digital atau e-marketplace serta mengembangkan ekosistem online storenya sehingga dapat bermain di arena global,” ujar Fetty.

Editor: Eva Martha Rahayu

swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved