Toyota Astra Motor Ganti Nakhoda

Akhir Januari 2020,  Toyota Indonesia atau PT Toyota Astra Motor (TAM) ganti nakhoda. Susumu Matsuda, Presiden Direktur Toyota Motor Asia Pasifik dipercaya sebagai Presiden Direktur di TAM, menggantikan pejabat lama, Yoshihiro Nakata. "Saya senang sekali dengan perkembangan otomotif di Indonesia yang begitu cepat dari tahun ke tahun," katanya.

Karier Matsuda di pabrikan mobil Jepang itu sangat menanjak. Sejak mengawali di Toyota Motor Corporation pada 1989 lalu, alumnus Fakultas Hukum Kobe ini telah meraih berbagai kedudukan.  Di mulai dari  sales dan marketing hingga menjabat sebagai general manager pada 2015. Tiga tahun kemudian, ia dipercaya sebagai Presiden Direktur di Toyota Motor Asia Pacific Pte. Ltd dan Deputy Chief Executive Officer, China & Asia Region.

Matsuda juga pencetus kampanye global seiring perubahan Toyota dari perusahaan pembuat mobil tradisional menjadi perusahaan mobilitas yang lebih canggih.  Tagline Start Your Impossible yang juga digunakan Toyota dalam mendukung kampanye olimpiade dan Paralimpik di Tokyo 2020 ini adalah salah satu idenya.

Sebelum menjadi bos baru TAM,  Matsuda mengaku sudah beberapa kali ke Indonesia. Yang paling berkesan adalah keanekaragaman perkembangan Indonesia yang cepat dan industri otomotifnya.  "Bersama tim Toyota Indonesia, kami akan membuat mobil yang lebih baik bagi konsumen Indonesia," katanya.

Pergantian nakhoda baru ini  merupakan bagian dari program promosi dan rotasi yang biasa dilakukan TMC. Yoshihiro Nakata kini mendapat kepercayaan untuk mengelola bisnis Toyota untuk kawasan Asia Pasifik. Di tangan Nakata,  penjualan Toyota di Indonesia--meski kondisi pasar otomotif menurun--cukup moncer. Penjualan sepanjang 2019 lalu tercatat 331.797 unit, menurun 5,7% dibanding tahun lalu, namun pangsa pasar Toyota meningkat menjadi 31,9%.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)