Toyota Merek Paling Hijau 2012

Industri otomotif justru mendominasi peringkat teratas 50 Best Global Green Brands 2012 atau 50 merek paling hijau dunia versi Interbrand, sebuah konsultan terkemuka dunia. Toyota mempertahankan posisinya di puncak, sementara Honda dan Volkswagen menempati posisi ke-3 dan ke-4.

Kemenangan dua kali berturut-turut Toyota disebabkan produsen otomotif asal Jepang ini menjadikan pelestarian lingkungan sebagai prioritas utama. Citra hijau melekat di Toyota sejak produsen nomor 1 ini memiliki banyak kendaraan hybrid.

Toyota Prius merupakan kendaraan hybrid terlaris di dunia. Bahkan, kini Prius muncul sebagai sebuah keluarga dengan hadirnya Prius v, Prius c, dan Prius PHEV. Prius generasi pertama diperkenalkan pada 1997. Populasinya di dunia telah melebihi 4 juta unit pada akhir April 2012.

Menurut Interbrand, Toyota juga berhasil meraih status bebas sampah di semua pabrik Toyota di Amerika Utara dan terus membangun gedung dan lokasi penjualan (dealer) yang hemat energi dan ramah lingkungan sesuai dengan prinsip LEED.

Merek Hijau Terbaik Dunia 2012 versi Interbrand ini tidak hanya mengevaluasi dan memeringkatkan kinerja lingkungan perusahaan namun juga persepsi publik atas aksi hijau mereka. Interbrand berupaya menganalisis kesenjangan antara aksi hijau perusahaan dan persepsi konsumen dengan menggunakan data yang dikumpulkan dan dianalisis oleh Deloitte, serta data dari pemeringkatan sebelumnya.

Produsen otomotif lain yang berhasil masuk dalam 10 besar yaitu Honda, Volkswagon dan BMW (peringkat 10). Sementara perusahaan asal Jepang lain yaitu Nissan (peringkat 21) masuk dalam pemeringkatan ini untuk pertama kalinya. Nissan memiliki rencana kerja 6 tahun untuk beraksi hijau dan mengurangi emisi karbon. Johnson and Johnson menempati rangking ke-2, Hewlett Packard ke-5, disusul Panasonic ke-6, Dell ke-7, Siemens ke-8 dan Danone di urutan 9.

10 Besar Best Global Green Brands 2012:

1. Toyota 01. Toyota

2. Johnson and Johnson

3. Honda

4. Volkswagen

5. Hewlett Packard Hewlett Packard

6. Panasonic Panasonic

7. Dell

8. Siemens

9. Danone

10. BMW

 Merek Otomotif di Luar 10 Besar Daftar 50 Best Global Green Brands 2012 adalah:

15. Ford

16. Mercedes

17. Hyundai

21. Nissan

Daftar lengkap 50 Merek Hijau Global Terbaik bisa diakses di sini: http://www.bestglobalgreenbrands.com/(AFP/nydailynews/Lila Intana)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)