Trafik Data XL Axiata Meningkat 218% pada Lebaran 2017

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mencatat kenaikan trafik layanan data pada Lebaran 2017. Dalam periode 20-27 Juni 2017 atau H-5 hingga H+2 Lebaran,  terjadi kenaikan trafik layanan data hingga 15% dibandingkan hari-hari biasa, serta meningkat 218% dibandingkan trafik di periode yang sama tahun lalu. Kenaikan ini didorong oleh terutama meningkatnya aktivitas akses ke layanan data, serta sebagai dampak dari perluasan layanan 4G LTE dan 3G U900 di berbagai daerah di Indonesia.

Chief Service Management Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya, mengatakan, XL Axiata bersiaga menjaga performa jaringan guna melayani kebutuhan pelanggan selama libur Lebaran. “Hingga saat ini hampir tidak ada gangguan yang berarti terjadi di jaringan kami untuk semua jenis layanan, baik data, SMS, juga voice, meski terjadi kenaikan trafik yang cukup signifikan. Semua persiapan kami telah berjalan sesuai dengan rencana, termasuk mengenai penambahan kapasitas jaringan hingga 2 kali lipat,” ujar Yessie.

Layanan data kembali mendominasi kenaikan trafik, di mana pelanggan secara lebih aktif mengkases berbagai jenis layanan data, terutama media sosial (medsos) berbagai platform. Kenaikan trafik data di periode Lebaran juga terjadi sesuai dengan trend pemakaian layanan data untuk berkomunikasi dan berkirim pesan, baik dalam format text, voice, video call, maupun multimedia. Trafik data selama periode H-5 hingga H+2 tercatat total lebih dari 4.020 TB (terabyte), meningkat dari rata-rata trafik data di hari-hari biasa sebesar 3.600 TB.

Akses ke sejumlah media sosial popular memang meningkat dibandingkan trafik akses pada hari biasa. Trafik akses ke Facebook tertinggi meningkat lebih dari 50%, Instagram lebih dari 20%, serta YouTube lebih dari 17%. Sementara itu, kenaikan trafik juga terjadi pada akses ke layanan Google seperti Google Map dan aplikasi penunjuk rute jalan dan kepadatan lalu lintas Waze hingga mencapai lebih dari 135%. Kenaikan akses ke kedua layanan tersebut seiring dengan melonjaknya kebutuhan pelanggan atas informasi rute dan kondisi lalu lintas saat menuju kampung halaman dan lokasi-lokasi wisata di luar Jabodetabek.

Meningkatnya akses ke layanan social media messaging (WhatsApp, FB Messenger, LINE) lebih dari 46,5%, sekaligus menunjukkan perubahan behaviour pelanggan yang sebelumnya banyak menggunakan layanan tradisional SMS. Hal yang sama juga terjadi pada akses ke layanan berbasis VoIP Call (WhatsApp Call, BBM, Facebook VoIP, Skype) hingga sekitar 9%, sebagai sarana baru untuk menggantikan layanan voice tradisional atau telepon biasa.

Peningkatan trafik akses lainnya terjadi pada konten video, termasuk download/upload sekitar 6%, serta pada akses video call (via BBM, Viber, LINE, WhatsApp, Facebook VoIP, Skype) meningkat sekitar 9%. Kenaikan trafik semua jenis layanan data tersebut juga terdorong oleh dampak positif perluasan jaringan 4G LTE di berbagai daerah di luar Jawa, baik di Sumatera, Kalimantan, serta Sulawesi.

XL Axiata juga mencatat terjadinya pergerakan pelanggan di mana jumlah pelanggan di wilayah Jabodetabek menurun, sedangkan trafik di wilayah Jawa Tengah, Di Yogyakarta, dan Jawa Timur meningkat. Hal ini sesuai dengan pergerakan warga Jabodetabek yang melakukan perjalanan pulang kampung. Saat hari H Lebaran (25 Juni 2017), jumlah pelanggan di Jabodetabek menurun sebesar 23%. Sebaliknya di beberapa wilayah yang menjadi tujuan mudik utama mengalami peningkatan jumlah pelanggan, seperti di Jawa Barat meningkat 13,5%, Jawa Tengah dan DI Yogyakarta 22%, serta Jawa Timur 10,5%. Jumlah pelanggan yang ada di suatu wilayah akan memengaruhi kenaikan trafik di wilayah yang bersangkutan.

 

Editor : Eva Martha Rahayu

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)