Trakindo Bantu Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Pendidikan merupakan modal penting bagi generasi penerus dan merupakan dasar penentu kemajuan bangsa. Hal ini yang menjadi fokus PT Trakindo Utama (TU) untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Perusahaan yang dirintis AHK Hamami ini berkomitmen untuk menitikberatkan pada pembangunan berkelanjutan melalui pendidikan berkarakter yaitu pendidikan yang didasarkan pada keseimbangan antara ilmu pengetahuan dan akhlak.

Trakindo

Menurut Maria T Kurniawati, Chief Administration Officer TU, sejak 1996, distributor alat berat merek  Caterpillar telah melakukan program kerja sama (COOP) dengan SMK, politeknik dan  program bantuan pendidikan 40 Sekolah Dasar (SD) Negeri yang tersebar di Aceh sampai Papua. Lahirnya program COOP karena adanya keinginan perusahaan yang dirintis sejak tahu 1970 untuk menjadikan SMK dan politeknik sebagai sumber pembentukan tenaga ahli siap kerja. Selain itu juga adanya keinginan untuk membantu pengembangan tenaga kerja pengajar dalam aspek industrial tertentu.

Program COOP dengan SMK dan Politeknik akan berjalan selama 3 tahun. Program ini juga meliputi bantuan renovasi sekolah, pendampingan sekolah, dan pemberian beasiswa. Untuk memuluskan program ini Trakindo bekerjasama dengan beberapa pihak, seperti Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan dan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Dalam kurikulum program studi alat berat, Trakindo juga memasukan mata pelajaran yang berisi pembangunan karakter yang baik untuk para siswa sebagai seorang induvidu. “Hal ini sejalan dalam membantu pemerintah untuk membangun pendidikan yang berkarakter bagi siswa SMK dan Politeknik,” kata Maria.

Selain itu, untuk melakukan program bantuan pendidikan 40 SDN di Indonesia, Trakindo menggandeng Dompet Dhuafa dan Putera Sampoerna Foundation yang memiliki keahlian bidang pendidikan. Melalui program ini perusahaan yang memiliki 65 cabang di seluruh Indonesia telah merenovasi hampir 500 kelas. Lebih dari 13 ribu murid dan 1.000 guru telah menerima manfaat dari program ini.  “Kami berharap program ini yang kami lakukan dapat terus berkelanjutan ke tahap yang lebih tinggi dan menghasilakn generasi muda yang berkualitas serta berakhlak mulia,” tambah Maria. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)