Trans Retail Bermitra dengan Kelompok Tani Sawiji Mulya

Sebagai salah satu peritel yang memiliki visi dan misi meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik bagi masyarakat Indonesia, PT Trans Retail Indonesia (Transmart Carrefour dan Carrefour) melakukan kerja sama dengan Kelompok Tani Salak Sawiji Mulya yang berada di desa Wonosroyo, kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Kerja sama ini dimaksudkan agar hasil pertanian dari kelompok tani dapat segera didistribusikan ke ritel modern yang selanjutnya dibeli oleh konsumen Transmart Carrefour dan Carrefour, dalam artian PT Trans Retail Indonesia (Transmart Carrefour) ingin mengefisiensikan jalur distribusi produk buah dan memberdayakan peran petani yang tergabung dalam Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan), sehingga memberikan nilai tambah yang positif bagi kedua belah pihak.

Satria Hamid, Corporate Communication General Manager, PT Trans Retail Indonesia (no.3 dari kiri) Satria Hamid, Corporate Communication General Manager, PT Trans Retail Indonesia (no.3 dari kiri)

Kemitraan Trans Retail Indonesia dengan kelompok petani salak Sawiji Mulya ini telah terjalin sejak April 2015 yang dijembatani oleh PT Tata Pangan Makmur untuk dapat melakukan pendampingan kepada kelompok tani salak secara langsung. Hasil pertanian salak ini telah didistribusikan dan dijual di seluruh gerai Transmart Carrefour dan Carrefour di area Jabodetabek.

“Program kerjasama ini bukan semata-mata hanya ingin memangkas jalur distribusi menjadi lebih singkat, tetapi Transmart Carrefour ingin mengangkat produk hasil pertanian buah nusantara agar dapat lebih dikenal oleh masyarakat Indonesia. Dimana produk buah-buahan dan sayuran hasil pertanian Indonesia mampu bersaing dengan buah import yang saat ini banyak beredar di pasaran,”ujar Satria Hamid, Corporate Communication General Manager, PT Trans Retail Indonesia.

"Kami (PT Tata Pangan Makmur) sebagai pembina dan juga mitra dari kelompok tani Sawiji Mulya sangat bangga dapat bekerjasama dengan PT Trans Retail Indonesia, dikarenakan kami dapat membantu para petani dampingan kami untuk lebih maju. Pendampingan yang kami lakukan mulai dari mutu dan kualitas yang baik/layak di ritel modern, packaging yang hygiene dan kesinambungan distribusi," jelas Benny Yanuar, Direktur, PT Tata Pangan Makmur.

"Kerja sama ini sangat menguntungkan bagi kami sebagai kelompok tani, di mana kami tidak perlu lagi bingung untuk menjual hasil tani kami dengan harga yang tidak pasti. Dengan adanya kerjasama dan pembinaan ini, kami dapat meningkatkan kualitas produksi kami yang nantinya bisa masuk dalam pasar international," jelas Amin Pujianto, Ketua Gabungan Kelompok Tani Sawiji Mulya-Wonosobo.

“Dengan adanya sinergi Trans Retail Indonesia (Transmart Carrefour), kelompok tani Sawiji Mulya dan Tata Pangan Makmur, kami mendapatkan kepastian pasokan dan kualitas yang terjamin untuk disajikan kepada pelanggan kami setiap hari. Kami juga dapat memperhatikan harga beli yang wajar sehingga dapat mendukung kesinambungan usaha dan peningkatan kesejahteraan kelompok tani, dengan demikian Transmart Carrefour dan Carrefour mendapatkan kepastian pasokan yang berjangka panjang,” ungkap
Caesario Parlindungan, Senior GM Commercial Fresh, PT Trans Retail Indonesia.

Sinergi ini diharapkan menjadi awal yang baik dan dapat diikuti oleh kelompok tani dan komoditas pertanian lainnya di masa yang akan datang, agar hasil unggulan pertanian nusantara makin mudah tersedia, dikenal dan dicintai oleh konsumen Indonesia melalui gerai-gerai Transmart Carrefour dan Carrefour. Transmart Carrefour dan Tata Pangan Makmur membuka peluang kerja sama bagi para petani yang mau bekerja sama secara langsung. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)