Transformasi AP II Menuju Great People 

Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero), Muhammad Awaluddin.

Ajang kompetisi HR Excellence Award yang diadakan SWA, bekerja sama dengan Lembaga Management Universitas Indonesia, untuk ke sembilan kalinya mampu memberikan insight atas munculnya permasalahan mengenai SDM di era disruptif ini. Di sini, para peserta HR Excellence Award 2018 berusaha memaparkan apa yang telah dilakukan dalam pengembangan SDM perusahaanya.

Dalam kategori HR Transformation, Angkasa Pura II (AP II) menduduki peringkat satu. Perusahaan ini berhasil melakukan transformasi SDM di BUMN yang bisnisnya di bidang pengelolaan bandara. Saat ini, AP II mengelola 13 bandara ditambah 2 bandara baru pada tahun 2018, yaitu Banyuwangi dan Bandara Kertajati untuk penerbangan haji. Penambahan ini melihat populasi pergerakan industri penerbangan yang luar biasa dan program pemerintah untuk pariwisata Indonesia.

Direktur Utama Angkasa Pura II (Persero), Muhammad Awaluddin, berusaha untuk tetap update sebagai korporasi sekaligus mengantisipasi perubahan lingkungan bisnis yang bergerak cepat. Oleh karena itu, perusahaan membuat program besar transformasi Giant Dreams 2020 dengan visi menjadi The Best Smart Connected Airport Operator in the Region. Transformasi ini meliputi  transformasi bisnis & portofolio, infrastruktur & sistem operasi, dan human capital (HC).

Tranformasi HC yang dilakukan AP II adalah pertama, mencari strongest by best people. Kedua, nilai budaya perusahaan, yaitu PERFORM-ing for Committed to Excellence yang diperkuat dengan regulasi infrastruktur. Ketiga adalah transformasi organisasi dari product service organization menuju customer centric organization. “Program transformasi ini dibuat sendiri,  tanpa konsultan. Kami percaya kekurangan kami hanya kami yang tahu,” ungkap Awaluddin yang telah memimpin AP II sejak 2016.

Semua transformasi tersebut dikelola oleh Human Capital Management. Ia percaya SDM tidak dapat dipisahkan dari organisasinya, begitu juga sebaliknya. Setelah program tersebut berjalan, akan ditetapkan manning-nya, pembenahan proses bisnis, dan merancang ulang infrstruktur IT sebagai enabler-nya. “Transformasi people dibagi menjadi empat pilar, yakni perekrutan, pengembangan SDM, pengelolaan talent, dan penyeimbangan pola hidup karyawan,” ungkapnya.

Dalam perekrutan, AP II lebih spesifik dengan bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi untuk melakukan fast track recruitment untuk memenuhi kebutuhan yang spesifik. Pengembanagan SDM dijadikan AP II sebagai investasi pada manusia.”AP II saat ini memiliki 6.000 karyawan sehingga program invest in people kami fokuskan dan perbanyak,” ujar Awaluddin. Pembinaan leader dan SDM menjadi salah satu program transformasi perusahaan, yakni building great leader & great people.

Menurutnya, investasi pada SDM menjadi salah satu tugas leader. Leader harus selalu berupaya memberdayakan seoptimal mungkin SDM-nya dan memberikan berbagai sumber daya yang tepat dan memadai sehingga SDM tersebut dapat memenuhi tanggung jawabnya. “Invest in people juga merupakan pengejawantahan dari salah satu program 3GB (Getting Bigger, Getting Broader, Getting Better),” paparnya.

Pages: 1 2

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)