Twitter Fokus untuk 4 Area Penting di Indonesia

Twitter berencana untuk fokus kepada empat area penting bagi Indonesia pada tahun ini (26/3). Area pertama, mendukung inovasi data yang memiliki dampat sosial nyata dengan Pulse Lab Jakarta (PLJ), sebuah kerja sama antara Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan BAPPENAS. Data Twitter digunakan untuk mendukung PLJ dalam mendapatkan masukan terhadap pembangunan sosial isu dan kemanusiaan, seperti pangan, kesehatan, dan polusi.

IMG_20150326_181801

"Suatu kehormatan bisa menjadi bagian dari Indonesia dengan lingkungan budaya dan bisnis yang berwarna, salah satu pasar internet dan mobile terbesar di dunia, dan sangat terkesan dengan berbagai macam cara para pengguna menggunakan Twitter setiap hari," ujar Dick Costolo, CEO Twitter Inc.

Kedua, Twitter akan meluncurkan solusi untuk Usaha Kecil Menengah (UKM) guna membantu berhubungan dengan followers Twitter mereka di Indonesia dan seluruh dunia. Para pelaku UKM bisa meraih lebih banyak pelanggan tetap serta pelanggan baru untuk produk dan jasanya. Twitter mencatat, ada lebih dari 55 juta UKM di Indonesia yang menjadi tulang pungguna ekonomi dengan menyumbangkan 97% dari total lapangan kerja, serta 60% dari Produk Domestik Bruto (PDB).

Setelah itu, Twitter juga akan menciptakan program fellowship #Twitter4WaniTek bersama Universitas Indonesia untuk mendukung mahasiswi tahun kedua dari keluarga kurang mampu, atau bagi yang memiliki nilai dan prestasi akademi yang baik dalam Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom UI). Hal ini merupakan program beasiswa pertama Twitter di dunia yang didesain untuk mendorong lebih banyak perempuan Indonesia ke dalam dunia teknologi dan informasi, serta meningkatkan mutu pengetahuan dan kemampuan teknologi informasi bagi komunitas.

"Kami memberikan lebih banyak kesempatan untuk para UKM, serta memberdayakan lebih banyak perempuan dari berbagai latar belakang untuk ikut berkecimpung di industri teknologi," ungkapnya.

Yang terakhir, Twitter bertujuan untuk bekerja sama dengan beberapa organisasi Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) sebagai bagian dari upaya #Twitter4Good dalam memahami tren dan isu sosial yang terjadi di Indonesia. Sebagai informasi, Indonesia berada di urutan kedua di dunia dalam penggunaan Twitter, dan Jakarta menjadi kota yang menyumbangkan twit terbanyak.

"Indonesia selalu menjadi populasi pengguna yang banyak. Ini menjadi potensial market karena populasi yang besar. Potensi market disini sangat bagus, dan kita juga melakukannya di belahan dunia lain," tutur Dick. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)