Mahasiswa UI Antusias Gelar Hult Global Case Challenge 2015

winners14v2

Hult Global Case Challenge yang dikenal sebagai “Hult Prize” adalah sebuah ajang kompetisi tahunan skala internasional untuk mencari solusi terbaik dari berbagai masalah kesejahteraan sosial dunia. Setiap tahunnya tema yang dibahas berganti-ganti mulai dari permasalahan yang terjadi dalam mengakses air bersih, kelaparan, kesehatan yang buruk sampai pendidikan anak usia dini yang menjadi tema untuk Hult Prize 2015 ini.

Dalam menyelenggarakan kegiatan kompetisi ini Hult Prize bekerja sama dengan beberapa pihak yakni, Presiden Bill Clinton, Global Clinton Initiative, Hult International Business School, dan Net Impact.

Tahun ini, Universitas Indonesia masuk dalam 75 perguruan tinggi di dunia yang dipilih untuk bisa mengirim satu perwakilan resmi ke Hult Prize di salah satu Regional Final (Dubai, London, San Fransisco, ShangHai, atau Boston) dengan mengadakan seleksi internal & melakukan bimbingan bersama para ahli dan praktisi.

“Dengan adanya Hult Prize di UI diharapkan bisa mendorong lebih banyak mahasiswa UI untuk berani mengemukakan gagasan terbaiknya serta menunjukkan kepeduliannya terhadap berbagai permasalahan sosial yang ada di dunia,” ujar Muhammad Yusuf Mulyana, Campus Director penyelenggaraan Hult Prize di UI

Yusuf menjelaskan, kompetisi Hult Prize di Universitas Indonesia terdiri dari 2 tahap yakni preliminary stage dan grand final stage. Dalam preliminary stage, peserta mengirimkan executive summary tentang solusi yang mereka tawarkan dalam satu halaman dan satu halaman statement of purpose yang mengemukakan alasan mereka mengikuti Hult Prize serta menjelaskan mengapa mereka layak untuk dipilih menjadi pemenang.

Selanjutnya, akan dipilih 7 tim terbaik untuk melaju ke tahap grand final. Di tahap grand final mereka akan mempresentasikan solusi mereka di hadapan para juri profesional dan para praktisi.

“Antusiasme teman-teman dari UI cukup besar dalam mengikuti kompetisi ini, ada lebih dari 70 tim yang mendaftar di Hult Prize Universitas Indonesia”, tambahnya.

Tim terbaik yang terpilih pada grand final di Hult Prize UI akan mewakili Universitas Indonesia sekaligus Indonesia untuk berkompetisi dengan puluhan tim terbaik lainnya dari berbagai negara padaRegional Final yang tersebar di 5 kota di dunia yaitu Dubai, London, Boston, San Fransisco ataupun Shang Hai di Maret 2015.

Pemenang dari masing-masing Regional Final akan mendapatkan pelatihan selama 2 minggu di Boston. Pemenang akan mendapatkan coaching dan mentoring juga dari para experts dan praktisi dari berbagai industri terkemuka di dunia ini untuk membantu merealisasikan solusi mereka.

Setelah mendapatkan pelatihan, masing-masing pemenang dari Regional Final tersebut akan mempresentasikan solusi mereka di Global Final yang diselenggarakan di New York pada September 2015 mendatang. Pemenang di tahap ini akan mendapatkan modal awal sebesar US$ 1 jutaa untuk implementasi solusi yang mereka ajukan.

“Kami sangat mengharapkan yang terbaik. Kami mengundang juri-juri terbaik, baik dari professional, business leader dan juga praktisi, dan semoga tim UI bisa lolos ke grand final di New York, dan bahkan menjadi pemenang yang mendapatkan 1 juta dollar untuk implementasi ide bisnis sosialnya,” kata Yusuf.

Adapun untuk tim yang kalah tetap mempunyai kesempatan untuk mendaftarkan tim nya melalui jalur general application yang memprebutkan sekitar 50 kursi di masing-masing Regional Final dari sekitar 10.000 pendaftar dari berbagai universitas terbaik di dunia. “Hampir tiap tahun tim dari UI selalu lolos ke Regional Final melalui general application,” imbuh mahasiswa jurusan Teknik Industri tersebut.

Untuk mempersiapkan delegasi UI lebih matang, Hult Prize UI memberikan exclusive preparation berupa coaching dari para ahli dan sharing dari finalist Hult Prize sebelumnya. Selain itu, para delegasi juga mendapatkan keleluasaan lebih banyak untuk mempersiapkan materi, sponsorship, visa dan lainnya dikarenakan pengumuman pemenang lebih awal di Bulan November.

Dengan menjadi salah satu tuan rumah lokal Kompetisi Social Business terbesar di dunia, diharapkan bisa meningkatkan exposure bagi Universitas Indonesia sebagai jajaran universitas terbaik di dunia serta meningkatkan awareness di masyarakat sebagai institusi yang peduli terhadap permasalahan sosial yang ada di dunia, yang juga terlibat aktif dalam proses penyelesaiannya. Informasi umum terkait Hult Prize bisa dilihat di www.hultprize.org sedangkan untuk kegiatan perlombaan Hult Prize di tingkat UI bisa dilihat di www.hultprizeat.com/ui. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)