Ultah ke-22, Bank Muamalat Gelar Lomba Sepeda Keliling Nusantara

Pada 1 Mei lalu, PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. genap berusia 22 tahun. Bank syariah tertua di Indonesia ini memperingati hari jadinya dengan mengadakan sebuah kegiatan yang bertajuk Muamalat Merajut Nusantara dalam “Ride for (Do)Nation”. Ini merupakan kegiatan bersepeda dari Sabang hingga Merauke yang membawa misi di dalamnya, yaitu implementasi program CSR di 22 wilayah di Indonesia yang dilewati oleh Tim Sepeda.

“Di usia Bank Muamalat yang sudah menginjak 22 tahun ini, kami tidak hanya ingin merayakannya dengan acara seremonial semata, namun kami ingin mengaplikasikan program-program CSR kami secara merata di seluruh Indonesia,” tutur Luluk Mahfudah, Direktur Bisnis Koperasi Bank Muamalat.

muamalat bank

CSR yang dilakukan tersebut adalah kerjasama antara Kantor Cabang Bank Muamalat di seluruh Indonesia dan Baitulmaal Muamalat selaku anak perusahaan Bank Muamalat yang merupakan organisasi nirlaba. Aksi CSR terfokus pada bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat. Selain itu, Tim Sepeda “Bersama Muamalat Merajut Nusantara” juga menjalankan aksi green campaign berupa penanaman pohon sekaligus memperkenalkan pariwisata.

“Selain program-program CSR dalam bidang ekonomi yang secara rutin telah dilakukan di seluruh Indonesia, pada tahun ini kami juga menjalankan berbagai aktivitas pemberdayaan masyarakat dalam bidang kesehatan, pendidikan, serta lingkungan. Sebab, ini tidak terlepas dari strategi kami yang berupaya memberikan kontribusi terhadap kehidupan masyarakat dan kelestarian lingkungan dengan mendorong kegiatan CSR dan green banking,” paparnya.

Pembukaan kegiatan “Bersama Muamalat Merajut Nusantara, Ride for (Do)Nation” dan pelepasan Tim Sepeda telah diselenggarakan pada 30 April lalu di Nol Kilometer, Kota Sabang, Pulau Weh, Banda Aceh. Rute Etape kegiatan bersepeda tersebut adalah Etape Sumatera, Etape Jawa-Sumatera, Etape Denpasar-Makassar dan Etape Makassar-Papua.

“Etape Sumatera telah diselesaikan tim sepeda, dengan menempuh jarak 2.588 km, dan mulai memasuki etape Jawa. Yang mana ini diawali dengan penyambutan di Kantor Pusat kami. Sebelum menyusuri etape selanjutnya, kami menyelenggarakan aksi CSR layanan kesehatan berupa donor darah. Kegiatan donor darah ini menargetkan 200 pendonor, dan hasil donornya akan didistribusikan ke Palang Merah Indonesia (PMI),” ujarnya.

Hal tersebut berarti juga telah Tim Sepeda telah melakukan aksi CSR di 11 wilayah di Sumatera dan Jawa, yang mencakup kota Sabang, Langsa, Medan, Pekanbaru, Banda Aceh, Bereuneun, Lhokseumawe, Jambi, Palembang, Lampung dan Cilegon.

“Perjalanan yang ditempuh oleh Tim Sepeda barulah separuh perjalanan, karena rencananya Tim Sepeda akan menyelesaikan seluruh etape perjalanan sejauh 4.228 km. Setelah dari Jakarta, mereka akan melanjutkan etape perjalanan di Pulau Jawa, Makassar, hingga ke Papua. Tim Sepeda diperkirakan akan tiba di Merauke, Papua pada 26 Juni 2014 mendatang,” ungkapnya.

Corporate event yang diselenggarakan Bank Muamalat sepanjang tahun 2014 ini memiliki dampak positif terhadap performa perusahaan secara keseluruhan. Hingga pertengahan 2014, bank syariah ini telah menyelenggarakan delapan corporate event, diantaranya adalah penarikan pemenang dan penyerahan Hadiah Muamalat Berbagi Rezeki Periode II Tahun 2013, serta penyerahan Bantuan Madrasah Banten Program Unggulan Kementrian Agama (BPS BPIH).

“Pada kuartal pertama tahun 2014, aset kami tumbuh sebesar 17,9% dari kuartal pertama tahun lalu yang sebesar Rp46,47triliun, menjadi Rp54,79 triliun pada periode sama tahun ini. Lalu, penyaluran pembiayaan naik 20,86%, dari Rp35,11 triliun di kuartal pertama tahun lalu, menjadi Rp42,43 triliun pada periode sama tahun ini. DPK juga ikut mengalami peningkatan 16,39% dari periode sama tahun lalu yang sebesar Rp34,58 triliun, menjadi Rp40,25 triliun di tahun ini,” jelasnya singkat soal kinerja perusahannya. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)